Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev
Opengraph---Apa-itu-PFX-dan-cara-membuatnya

Apa itu File PFX dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Format PFX atau PKCS#12 adalah format biner untuk menyimpan sertifikat SSL pada server. File PFX merupakan kombinasi antara file CRT, Private Key dan Chain cert yang di enkripsi menjadi satu file. File PFX ini biasanya dibutuhkan untuk instalasi SSL pada server yang menggunakan OS Windows (IIS). 

Ketika Anda melakukan pemesanan SSL di Rumahweb baik menggunakan Sectigo atau GlobalSign, Anda tidak akan mendapatkan file PFX dalam format sertifikat SSL yang diterbitkan. Untuk mendapatkan format PFX, Anda perlu melakukan convert file CRT to PFX terlebih dahulu. Pada panduan kali ini, kami akan menjelaskan cara melakukan convert format CRT menjadi PFX

Langkah 1. Siapkan Bahan

Untuk melakukan convert file CRT menjadi PFX, Anda perlu mempersiapkan beberapa file terlebih dahulu seperti file CRT, Chain SSL hingga Private Key. File CRT dan Chain SSL bisa Anda download melalui halaman Clientzone, pada menu Service > My services > Klik tombol aktif pada layanan SSL yang Anda pesan > Manage SSL. 

File Chain SSL merupakan gabungan antara file Intermediate dan Root cert. Anda bisa mendowload kedua file tersebut, lalu bisa menyatukan kedua file menjadi chain.crt.

Sedangkan untuk file Private Key bisa didapatkan pada server yang Anda gunakan. File Key ini biasanya di generate bersamaan ketika Anda melakukan generate file CSR. Silahkan Anda simpan file Private Key dengan nama private.key atau namadomain.key.

Langkah 2. Melakukan Convert CRT menjadi File PFX

Setelah semua bahan telah disiapkan, Anda bisa mengakses ke halaman SSL Converter. Selanjutnya Anda bisa mengupload file CRT, Key hingga Chain SSL seperti pada gambar :

gambar 1 - convert crt menjadi pfx

Pastikan format yang Anda upload telah benar dan password telah diisi. Setelah itu, Anda bisa mengubah file CRT menjadi PFX dengan cara klik tombol ‘Convert Certificate’. Secara otomatis convert engine akan menggabungkan file yang Anda upload dan hasilnya akan langsung terunduh pada browser seperti gambar berikut :

gambar 2 - apa itu file pfx

Setelah mendapatkan file PFX, selanjutnya Anda bisa melakukan instalasi SSL di server yang digunakan. Sampai tahap ini, convert file CRT ke PFX telah selesai. 

Demikian panduan convert file CRT menjadi PFX dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer

Blog Competition