Rumahweb Journal
Banner - Apa itu allow_url_fopen adalah

Apa itu allow_url_fopen dan Cara Mengaktifkannya di cPanel

Allow_url_fopen adalah salah satu dari opsi yang terdapat pada setting PHP di server. Opsi ini memungkinkan objek pada URL diakses sebagai sebuah file.

Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu Allow_url_fopen dan bagaimana cara mengaktifkannya di cPanel.

Apa itu Allow_url_fopen?

Allow_url_fopen adalah konfigurasi pada server PHP yang memungkinkan fungsi seperti file_get_contents() dan fopen() untuk membuka dan membaca file melalui URL. Jika allow_url_fopen diaktifkan, maka PHP dapat membaca file dari URL eksternal, seperti halaman web atau file yang di-host di server lain.

Namun, penggunaan allow_url_fopen juga dapat menimbulkan masalah keamanan karena memungkinkan penggunaan fungsi include() dan require() untuk mengambil dan menjalankan kode yang tidak diinginkan dari URL eksternal.

Oleh karena itu, disarankan untuk menonaktifkan opsi ini kecuali jika dibutuhkan dan dipahami dengan baik risiko keamanannya. Sebagai alternatif, penggunaan modul cURL dapat dipertimbangkan untuk membuka URL eksternal dengan lebih aman.

Apakah allow_url_fopen bisa diaktifkan di hosting?

Pada layanan hosting dengan cPanel dan Plesk, fitur allow_url_fopen dapat diatur dengan mudah melalui WHM atau plesk panel. Anda dapat melakukan konfigurasi di halaman PHP settings.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Di layanan hosting Rumahweb, fitur allow_url_fopen secara default diaktifkan dan dapat Anda gunakan. Namun untuk keamanan pada hosting, kami memberlakukan kebijakan disable function pada beberapa function yang kami anggap cukup riskan untuk disalahgunakan.

Bagaimana cara mengaktifkan allow_url_fopen di cPanel?

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa allow_url_fopen secara default telah diaktifkan di layanan hosting Rumahweb.

Namun bagi Anda yang menggunakan layanan VPS dengan lisensi cPanel, Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui menu MultiPHP INI Editor di WHM. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke WHM VPS Anda.
  2. Pada kolom pencarian menu, silahkan tulis ‘MultiPHP INI Editor’. Setelah itu, silahkan masuk ke menu tersebut.
  3. Silahkan pilih versi php yang akan di setting.
menu MultiPHP INI Editor
  1. Setelah itu akan muncul configuration basic php di VPS Anda. Lalu pastikan pada allow_url_fopen statusnya enable.

Bagaimana cara cek status allow_url_fopen?

Anda bisa membuat file phpinfo untuk melihat konfigurasi PHP di layanan hosting atau server Anda. Jika hosting Anda menggunakan cPanel, Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk membuat file phpinfo.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu file manager > public_html.
  3. Buatlah file dengan nama info.php, lalu isi script tersebut dengan perintah berikut:
<?php phpinfo();

Setelah itu, silahkan akses file info.php melalui browser Anda. Pada contoh, kami menggunakan domain demorw.my.id sehingga aksesnya menjadi demorw.my.id/info.php.

Cek status allow_url_fopen

Demikian penjelasan kami tentang apa itu allow_url_fopen dan cara mengaktifkannya di cPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.