Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Setting Custom Domain Tumblr Menggunakan Nama Domain Sendiri

Setting Custom Domain Tumblr Menggunakan Nama Domain Sendiri

Custom domain adalah cara yang populer saat ini untuk menghubungkan domain Anda ke website yang telah dibuat. Bila Anda sudah membuat websitenya di Tumblr, Anda bisa menghubungkan domain yang sudah diorder dengan cara setting custom domain Tumblr berikut.

Setting custom domain ke Tumblr ada 2 tahapan yang perlu dilakukan. Pertama melakukan setting di sisi DNS domainnya. Dan yang kedua adalah melakukan setting di sisi panel Tumblr Anda.

1. Mulai setting di sisi DNS Domain (Panduan setting DNS domain di bawah adalah panduan setting DNS ke Tumblr untuk domain yang aktif di Rumahweb, setting dilakukan dari clientzone.rumahweb.com. Jika Anda memiliki hosting, Anda dapat setting DNS-nya dari pengaturan DNS di control panel hosting) :

    • Login ke panel pengaturan DNS di http://clientzone.rumahweb.com
    • Masuk ke menu Domain >> Domainku >> Manage Domain >> Management Tools >> Manage DNS
    • Pada halaman manage DNS, jika domain Anda tidak menggunakan NameServer khusus untuk Managed DNS, maka akan ada warning untuk update name server, silahkan klik “update”.
    • Selanjutnya adalah setting namadomainanda.com menggunakan Type “A Record” ke IP Tumblr: 66.6.44.4 . Pada setting ini kolom domain dikosongkan maka secara otomatis namadomainanda.com akan tersetting A record ke IP 66.6.44.41_a_record
    • Setting satu lagi untuk Record www, sebagai contoh: www.namadomainanda.com menggunakan Type “CNAME Record” ke: domains.tumblr.com

2_cname_record

2. Setting di sisi dashboard Tumblr

    • Login ke akun Tumbr anda, setelah login lalu klik icon Account >> Edit Appearance.
    • Pada halaman Edit Appearance, klik icon edit (gambar pensil) pada pengaturan Username (tumblr URL)
    • Pilih Use a custom domain dan masukkan nama domain anda, misalnya: www.namadomainanda.com5_use_a_custom_domain
    • Klik “Test domain”. Jika berhasil maka akan tampil “It’s Good!”. Namun jika belum berhasil , silahkan tunggu dahulu masa propagasi DNS nya kurang lebih 1-24 jam lalu coba lagi test domain. Apabila sudah berhasil, maka bisa di simpan (save).

Demikian panduan setting custom domain Tumblr Rumahweb. Apabila ada pertanyaan mengenai cara melakukan settingnya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu pengecekannya.

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition