Rumahweb Journal
Journal - Cara Remote Database MySQL di CyberPanel

Cara Remote Database MySQL di CyberPanel

CyberPanel adalah salah satu control panel gratis yang dapat digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengelola server. Selain file manager yang digunakan untuk mengelola file, CyberPanel juga dilengkapi dengan fitur remote database. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara remote database MySQL di CyberPanel dengan aplikasi HeidiSQL.

Sebelum kami menjelaskan tentang cara menggunakan remote database di CyberPanel dengan HeidiSQL, terlebih dahulu kami akan menjelaskan secara singkat apa itu remote database. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Remote Database

Remote Database adalah salah satu cara untuk mengakses dan mengelola database di server melalui perangkat lain. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengelola database pada server. Anda dapat mengakses database server secara langsung melalui browser atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang biasa kita kenal dengan istilah ‘remote database’.

Umumnya, remote database dikelola melalui port 3306, yang juga digunakan oleh CyberPanel. Namun, Anda dapat melakukan modifikasi pada port database sesuai dengan kebutuhan.

Selain memastikan port telah terbuka, pastikan juga Anda telah menginstall aplikasi remote database seperti HeidiSQL, Navicat, Workbench atau SQLyog. Aplikasi tersebut dapat Anda download dan install secara gratis di komputer atau laptop.

Informasi selengkapnya tentang cara install CyberPanel bisa dilihat pada link berikut : Install CyerPanel.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Remote Database MySQL di CyberPanel

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan remote database di CyberPanel.

Step 1. Akses Menu Database di CyberPanel

Sebelum melakukan remote database, pastikan bahwa Anda telah membuat dan mengimpor database yang akan digunakan ke CyberPanel. Setelah database siap, maka Anda bisa melanjutkan untuk step berikutnya.

Informasi selengkapnya tentang cara membuat database di CyberPanel bisa dilihat pada link berikut: Cara Membuat Database CyberPanel

Step 2. Open Port MySQL dan IP Public di Firewall

Secara umum, untuk melakukan remote database di server diperlukan port 3306 dengan setting allow (whitelist). Berikut cara open port 3306 di CyberPanel:

  1. Silakan akses login ke url  https://IPVPS_Anda:8090, kemudian isikan username dan password yang digunakan. Lalu klik tombol Sign In.
Login CyberPanel
  1. Selanjutnya, anda dapat mengakses menu database melalui dua cara sesuai kebiasaan Anda.
  • Pertama, dengan mengakses menu Database di bagian Available Function.
  • Kedua, dengan mengakses menu Database melalui sidebar seperti gambar berikut.
Menu Database CyberPanel
  1. Pastikan bahwa Anda telah mengetahui nama database, username database dan password database yang akan digunakan. Detail informasi database juga bisa dilihat pada Menu Database > List Database.
List DB CyberPanel
  1. Kemudian buka browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, atau yang lain seperti browser Firefox. Kemudian akses website penyedia informasi IP public seperti ipsaya.com atau whatismyip.com. Lalu catat IP address yang muncul yang nantinya akan di allow pada CSF/Firewall CyberPanel.
IP Public Internet
  1. Untuk manage firewall di CyberPanel bisa klik Menu Security > CSF.
Menu Security CSF
  1. Pada submenu CSF, silakan klik bagian General lalu isikan port 3306 pada TCP IN Ports dan TCP Out Ports kemudian klik tombol Save bagian kanan kolom port.
Allow Port 3306
  1. Masih di submenu CSF, selanjutnya klik bagian CSF kemudian isikan IP Address yang didapat dari pengecekan IP Public dikolom Allow IP dan klik tombol Save.
Whitelist IP Public
  1. Kembali lagi ke Menu DatabaseList Database > pilih nama website atau nama domain Anda > pilih nama database yang akan diremote, lalu klik Manage.
Manage Database Remote
  1. Selanjutnya pada kolom Allow Remote Access on following IP silahkan isikan IP Public anda dan klik tombol Save Changes.
Allow IP Public

Step 3. Remote DB di aplikasi HeidiSQL

HeidiSQL adalah salah satu aplikasi berbasis Windows yang berfungsi untuk remote database. Dengan HeidiSQL, Anda dapat melihat data, mengubah/mengedit data, membuat tabel, dan mengedit tabel di database tidak perlu login ke phpMyAdmin di CyerPanel.

Aplikasi HeidiSQL dapat di download melalui link berikut: Download HeidiSQL

Setelah memastikan database dan aplikasi HeidiSQL siap, Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk remote database mysql di cyberPanel.

  1. Buka aplikasi HeidiSQL yang sebelumnya sudah terinstall, kemudian klik New.
Session Manager HeidiSQL
  1. Berikut penjelasan konfigurasi Session Manager yang perlu Anda pahami untuk menggunakan remote database dengan aplikasi HeidiSQL:
  • Network Type : MySQL (TCP/IP)
  • Library : libmariadb.dll
  • Hostname/IP : isikan nama domain atau IP VPS lokasi server database
  • Username : username database
  • Password : password username database 
  • Port : port default 3306
Konfigurasi Koneksi remote database
  1. Setelah semuanya diisi, lanjut klik tombol Open dan jika muncul popup konfigurasi klik tombol Yes untuk melanjutkan.
Save Setting Remote DB
  1. Selamat, anda telah berhasil konfigurasi remote database menggunakan aplikasi HeidiSQL di VPS Server menggunakan CyberPanel.
Remote database Connected

Demikian artikel kami tentang cara remote database MySQL di CyberPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.