Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Installasi CMS Moodle melalui softaculous og

Installasi CMS Moodle Melalui Softaculous

Membuat aplikasi pembelajaran dalam bentuk web saat ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah, meskipun Anda awam dengan dunia Programming. Dengan menginstall CMS Moodle, Anda sudah bisa membuat materi pembelajaran, kuis, ataupun jurnal elektronik.

Softaculous merupakan salah satu fitur cPanel yang berfungsi sebagai auto-installer website berbasis CMS. Saat ini softaculous mendukung instalasi lebih dari 250 CMS. Melakukan instalasi CMS menggunakan Softaculous sangatlah mudah. Secara garis besar, hanya dibutuhkan 2 (dua) langkah saja untuk melakukan instalasi sebuah CMS. Berikut adalah panduan untuk melakukan instalasi CMS Moodle menggunakan Softaculous.

Login ke halaman cPanel (namadomain.com/cpanel). Setelah login ke cPanel, klik menu Softaculous yang berada dalam kategori “Software/Services”.

Screenshot_7

Setelah itu ketikkan Moodle di kolom search dan klik Moodle di hasil pencarian

Screenshot_8

Kemudian silahkan klik “Install Now”.

Screenshot_9

Setelah klik install now akan tampil halaman installasi moodle. Untuk installasi silahkan mengisikan field tersebut.

  • Pertama adalah kolom “Choose Domain”. Pada kolom ini, isiannya tidak perlu dirubah apabila Anda hendak melakukan instalasi di domain utama. Namun apabila hendak melakukan instalasi di subdomain atau domain addon, silakan melakukan penyesuaian dengan mengklik dropbox menu dan memilih domain/subdomain manakah yang dikehendaki.
  • Untuk kolom “In Directory”, apabila Anda hendak melakukan instalasi di folder utama (public_html) dari domain atau subdomain, maka perlu mengosongkan/menghapus isian yang ada di kolom ini.
  • Untuk kolom Data directory dan cronjob tidak perlu dilakukan perubahan.
  • Sedang untuk kolom “Site Name” diisi dengan Nama website Anda. Untuk kolom “Site Description” dapat Anda isi dengan deskripsi singkat dari website yang akan dibuat.
  • Penyesuaian juga harus dilakukan di kolom “Admin Password” dan “Admin Email”. Untuk kolom “Admin Password”, ganti password bawaan Softacolous dengan password Anda. Gunakan gabungan angka dan huruf besar serta huruf kecil untuk meningkatkan keamanan password. Sedangkan untuk “Admin Email”, sesuaikan dengan email kontak yang Anda gunakan.

Screenshot_10

Setelah semua isian benar, klik “Install” untuk melakukan instalasi Moodle.

Screenshot_11

Setelah itu akan muncul installation bar, silahkan tunggu sampai proses installasi selesai

Screenshot_12

Setelah installasi selesai akan muncul tampilan berikut yang menandakan cms moodle sudah terinstall.

Screenshot_13

Setelah itu silahkan akses website Anda yang diinstal cms moodle. Apabila tampilan masih berantakan Anda perlu menyesuaikan disable functions pada cms moodle terdahulu. Untuk panduan penyesuaian functions moodle dapat klik disini.

Demikian panduan cara installasi CMS Moodle dari Rumahweb Indonesia. Apabila ada masalah instalasi moodle atau pertanyaan dalam melakukan installasi ini, silakan menghubungi support teknis kami untuk dibantu lakukan pengecekan.

Tinggalkan Komentar

Syahrizal Widiarto

Blog Competition