Rumahweb Journal
Banner - Cara transfer domain ke Rumahweb

Cara Transfer Domain ke Rumahweb

Salah satu layanan yang tersedia di Rumahweb adalah transfer domain, dengan atau tanpa hosting. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan pengertian dari transfer domain dan cara transfer domain ke Rumahweb.

Sebelum melakukan transfer domain, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan seperti eppcode, unlock domain hingga syarat dokumen untuk ekstensi domain Indonesia. Sebelum memulai pembahasan prosedurnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu transfer domain. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Transfer Domain?

Transfer domain adalah proses pemindahan pengaturan domain dari satu registrar ke registras yang lain. Sebagai contoh, domain Anda terdaftar di salah satu provider luar negeri, lalu Anda ingin domain dipindahkan ke Rumahweb. Nah, Anda bisa menggunakan fitur transfer domain ini untuk proses pemindahannya.

Apakah transfer domain itu gratis? Tidak, transfer domain akan dikenakan biaya sesuai dengan ekstensi domain yang Anda transfer. Namun jangan khawatir, biaya yang Anda transfer digunakan untuk perpanjangan domain periode 1 tahun kedepan setelah transfer domain berhasil.

Lalu apa saja yang dibutuhkan supaya proses ini berjalan dengan lancar? Berikut adalah syarat transfer domain dari luar ke Rumahweb.

Cara Transfer Domain ke Rumahweb

Berikut syarat yang dibutuhkan untuk transfer domain :

1. Domain Belum Expired

Transfer domain hanya dapat dilakukan apabila domain Anda masih dalam status Aktif. Untuk berjaga-jaga, proses transfer sebaiknya dilakukan minimal 14 hari sebelum domain expired.

2. Unlock Domain

Untuk alasan keamanan, biasanya provider domain mengunci atau lock setiap domain yang berada dibawah pengaturan provider tersebut. Ketika Anda ingin men-transfer domain Anda dari provider lama ke Rumahweb, domain Anda harus di-unlock terlebih dahulu, supaya proses transfer dapat dilakukan. Untuk hal ini, ada baiknya jika Anda menghubungi provider domain Anda. 🙂

Panduan unlock atau lock domain, bisa Anda pelajari pada artikel berikut : Lock/Unlock Domain

3. Epp Code

EPP code / domain secret code hampir dapat disamakan dengan password untuk domain. Sebelum domain ditransfer, pastikan Anda telah memiliki EPP code / domain secret code untuk domain Anda. Proses transfer domain tidak dapat dimulai apabila kami tidak memiliki informasi EPP code dari domain Anda.

Informasi eppcode domain bisa Anda lihat melalui halaman Clientzone. Panduannya bisa Anda pelajari pada : Get eppcode

4. Dokumen Syarat ( Khusus Domain Indonesia)

Bagi anda yang akan mentransfer domain Indonesia seperti .co.id, sch.id, ac.id dll yang membutuhkan syarat, maka anda diharuskan menyertakan syarat kembali ke Rumahweb untuk proses transfer domain.

Informasi syarat registrasi domain bisa anda lihat pada halaman berikut : Domain Indonesia

5. Approval transfer (optional)

Mengacu pada aturan “ICANN Temporary Specification for gTLD”, aturan ini merupakan implementasi dari kebijakan perlindungan data pribadi atau GDPR (gTLD Registration Data). Proses transfer domain yang sebelumnya memerlukan approval email whois domain, saat ini kebijakannya telah diubah menjadi approval atau persetujuan ke pihak Registrar.

Apabila provider domain anda yang lama menerapkan kebijakan ini, maka anda perlu meresponse email dari registrar terkait persetujuan transfer domain. Namun jika provider domain lama anda tidak menerapkan kebijakan ini dan tidak ada penolakan dari registrar lama, maka proses transfer domain akan berlanjut.

Bagi anda yang ingin melakukan transfer out dari Rumahweb Indonesia, Anda perlu melakukan approval transfer domain melalui email yang dikirimkan oleh pihak Registrar. Caranya cukup mereply email yang dikirimkan oleh Registrar untuk persetujuan transfer out tersebut.

Syarat-syarat diatas berlaku bagi Anda yang akan transfer domain dari provider lain ke Rumahweb. Namun apabila registrar domain Anda sebelumnya sama dengan Rumahweb, maka bisa dilakukan dengan cara “move service”.

Catatan:

Untuk sesama Registrar dari Digital Registra, transfer domain bisa dilakukan dengan opsi move service. Prosedurnya, ketika Rumahweb telah menerima pembayaran transfer domain, maka kami akan segera melakukan proses move in. Selanjutnya akan terkirim notifikasi ke email registrant dan email reseller, agar dilakukan approval dengan kode yang disertakan. Setelah di approve, domain akan langsung berpindah ke Rumahweb.

Berapa lama proses transfer domain?

Apabila tidak ada penolakan dari registrar lama, proses transfer domain memerlukan waktu 1-7 hari sejak transfer dilakukan.

Demikian cara transfer domain ke Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 23

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rumahweb