Cara Transfer Domain

Salah satu layanan yang  tersedia di rumahweb.com adalah transfer domain, dengan atau tanpa hosting. Transfer domain adalah proses pemindahan pengaturan domain Anda dari registrar / provider domain yang lama, ke Rumahweb. Lalu apa saja yang dibutuhkan supaya proses ini berjalan dengan lancar ?

Berikut syarat yang dibutuhkan untuk transfer domain :

1. Domain Belum Expired
Transfer domain hanya dapat dilakukan apabila domain Anda masih dalam status Aktif. Untuk berjaga-jaga, proses transfer sebaiknya dilakukan minimal 14 hari sebelum domain expired

2. Unlock Domain
Untuk alasan keamanan, biasanya provider domain ‘mengunci’ / lock setiap domain yang berada dibawah pengaturan provider tersebut. Ketika Anda ingin men-transfer domain Anda dari provider lama ke Rumahweb, domain Anda harus di-unlock terlebih dahulu, supaya proses transfer dapat dilakukan. Untuk hal ini, ada baiknya jika Anda menghubungi provider domain Anda. 🙂

3. EPP Code / Domain secret code.
EPP code / domain secret code hampir dapat disamakan dengan password untuk domain. Sebelum domain ditransfer, pastikan Anda telah memiliki EPP code / domain secret code untuk domain Anda. Proses transfer domain tidak dapat dimulai apabila kami tidak memiliki informasi EPP code dari domain Anda.

Namun apabila registrar untuk domain Anda sama dengan registrar yang kami gunakan, silahkan sertakan juga customer ID dan e-mail yang digunakan untuk login ke domain manager ( pada provider lama ). Proses transfer pada registrar yang sama akan memakan waktu relatif lebih singkat.

4. Approval transfer
Mengacu pada aturan “ICANN Temporary Specification for gTLD”. Aturan ini merupakan implementasi dari kebijakan perlindungan data pribadi, khususnya GDPR ( https://www.icann.org/resources/pages/gtld-registration-data-specs-en/#appendixG ). Proses transfer domain yang sebelumnya memerlukan approval email whois domain, saat ini  tidak perlu approval email whois domain lagi.

Apabila tidak ada penolakan dari registrar lama, proses transfer domain memerlukan waktu 1 – 7 hari.

Syarat transfer domain diatas berlaku untuk domain-domain internasional ( gTLD ). Sedangkan domain Indonesia (co.id, web.id, dll) yang masih wajib menyertakan syarat, maka Anda juga harus melengkapi syarat tersebut kepada Provider domain yang baru. Untuk informasi syarat bisa dilihat pada halaman berikut : Domain Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.