Rumahweb Journal
Banner - Cara Remote SSH Melalui Visual Studio Code

Cara Remote SSH Melalui Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah salah satu text editor yang populer di kalangan developer. Selain fiturnya yang lengkap, VS Code juga mendukung remote developer melalui SSH. Dalam artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara remote SSH melalui Visual Studio Code.

Namun sebelum membahas cara remote SSH melalui Visual Studio Code, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu Visual Studio Code dan bagaimana cara downloadnya. Simak informasi berikut ini.

Mengenal Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah text editor yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Sistem Operasi Windows, macOS, dan Linux. VS Code dapat diunduh secara gratis atau yang kita kenal dengan istilah lisensi open source. VS Code mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk JavaScript, TypeScript, C++, C#, Java, Python, PHP, Go, dan banyak lagi.

Visual Studio Code populer di kalangan developer karena memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan Visual Studio Code:

  • Gratis dan open source. Visual Studio Code gratis untuk digunakan dan didistribusikan. Selain itu, kode sumbernya juga tersedia secara terbuka, sehingga dapat dimodifikasi dan dikembangkan oleh siapa saja
  • Mendukung berbagai bahasa pemrograman. Visual Studio Code mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk JavaScript, TypeScript, C++, C#, Java, Python, PHP, Go, dan banyak lagi. Selain itu, tersedia juga ekstensi yang dapat menambahkan dukungan untuk bahasa pemrograman lainnya.
  • Fitur yang lengkap. Visual Studio Code memiliki fitur yang lengkap, termasuk syntax highlighting, linting, debugging, dan lainnya. Fitur-fitur ini dapat membantu pengembang untuk menulis kode yang lebih baik dan lebih cepat.
  • Ekosistem ekstensi yang luas. Visual Studio Code memiliki ekosistem ekstensi yang luas, yang dapat menambahkan fitur dan fungsionalitas baru. Ekstensi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengembang masing-masing.

Kelebihan-kelebihan tersebut menjadikan Visual Studio Code sebagai pilihan yang populer bagi developer dari berbagai latar belakang dan pengalaman. Aplikasi ini dapat diunduh melalui link berikut : Download VS Code

Setting Remote SSH melalui VS Code

Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara remote SSH melalui VS Code dengan layanan VPS KVM Rumahweb. Berikut informasi selengkapnya.

Step 1. Install Extension Remote-SSH

Untuk melakukan remote SSH dengan VS Code diperlukan Extension dengan nama “Remote – SSH”. Berikut cara install extension “Remote – SSH” pada VS Code :

  1. Buka Aplikasi VS Code.
  2. Masuk menu Menu Extensions.
  3. Cari “Remote – SSH” pada pencarian.
  4. Klik Install.
install extension remote ssh visual studio

Step 2. Akses Remote SSH melalui Visual Studio Code

Setelah selesai install extension Remote – SSH, selanjutnya Anda bisa melakukan remote SSH ke server dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk Menu “Remote Explorer”.
  2. Pada SSH TARGETS klik tombol configure.
  3. Kemudian pada SSH configuration file pilih ~.ssh\config
remote ssh visual studio
  1. Masukan konfigurasi SSH untuk server, contoh format sebagai berikut :
Host rwcoba-server
    HostName 103.247.11.111
    User rwcoba
    Port 22
  1. Kemudian simpan, nantinya konfigurasi server akan muncul di list SSH.
list ssh visual studio
  1. Selanjutnya untuk melakukan koneksi ssh ke server, klik tanda dibawah ini.
koneksi ssh pada visual studio
  1. Akan muncul form untuk mengisikan password ssh.
password ssh visual studio
  1. Jika password valid dan koneksi ssh pada visual studio sudah berhasil akan muncul tampilan sebagai berikut ini :
koneksi ssh menggunakan visual studio

Sampai tahap ini, Anda telah berhasil terkoneksi secara remote SSH pada server Anda melalui aplikasi Visual Studio Code. Anda dapat mengedit file, maupun mengelola file secara langsung melalui aplikasi ini.

Demikian cara remote SSH dengan Visual Studio Code dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Triyadi