Rumahweb Journal
Menghapus Trash Email Melalui Cpanel

Cara Menghapus Email Trash di cPanel

Email yang Anda hapus dari inbox webmail, tidak akan langsung terhapus dari sisi server, melainkan akan dipindahkan ke folder trash terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara menghapus email secara permanen? Yuk pelajari artikel ini sampai akhir, untuk mengetahui cara menghapus emailnya.

Email yang dihapus dari folder inbox atau sent item di webmail, tidak akan langsung terhapus dari sisi server. Email yang dihapus akan masuk terlebih dahulu ke folder trash. Hal ini bertujuan, agar sewaktu-waktu Anda bisa melakukan pemulihan atau restore email yang masih dibutuhkan.

Namun sering kali email di folder trash menyebabkan kuota pada hosting cepat penuh. Ketika kuota pada hosting penuh, hal ini bisa menyebabkan email atau website Anda menjadi gagal akses. Agar kendala ini tidak terjadi, kami sarankan agar Anda secara rutin melakukan penghapusan email pada folder trash.

Menghapus email trash di cPanel bisa dilakukan melalui 2 cara, yaitu melalui file manager dan fitur Email disk usage. Berikut adalah cara menghapus email di cPanel selengkapnya:

Perhatian

Email yang sudah terhapus tidak bisa di kembalikan. Bila Anda ragu, kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Panduannya bisa Anda baca melalui link cara backup email cPanel

Cara Menghapus Email Trash di cPanel

Berikut ini kami menulis panduan cara menghapus email trash melalui cPanel. Dalam kasus ini, kita akan menghapus trash di email [email protected]

Cara 1. Menghapus email trash melalui menu Email Disk Usage

Email disk usage merupakan fitur di cPanel, yang bisa Anda gunakan untuk melihat detail penggunaan kapasitas email secara lengkap. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan penghapusan email berdasarkan ukuran, waktu hingga query tertentu per akun email.

Selengkapnya tentang cara menghapus email trash melalui email disk usage, bisa Anda pelajari pada link: Email Disk Usage cPanel

Cara 2. Menghapus email trash melalui menu File Manager

  1. Silahkan login ke cPanel
  2. Klik menu “File manager” seperti gambar berikut:
menu file manager
  1. Klik folder email, lalu klik tanda > pada domain yang ingin dicek. Pada folder emailnya, akan muncul folder trash seperti gambar berikut. Lalu klik folder Trash-nya.
folder trash di email
  1. Setelah itu akan muncul folder cur. Klik pada folder cur tersebut. Mohon dipastikan Anda telah masuk ke folder trash terlebih dahulu.
folder cur di folder trash
  1. Lalu akan muncul file-file email yang telah Anda masukkan ke folder trash. Anda bisa klik tombol Select All, lalu klik tombol Delete untuk menghapus pesannya.
select all pada email trash
  1. Centang opsi ‘skip the trash and permanently delete the files’ seperti gambar berikut.
cara menghapus email trash di cPanel

Demikian panduan cara menghapus email yang berada di folder trash melalui cpanel hosting. Jika ada kesulitan silahkan kirim email ke [email protected] atau menghubungi kami melalui telp atau chat di menu “Livechat” halaman website Rumahweb untuk bantuan pemeriksaan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Anggit Puguh Setyawan