Rumahweb Journal
Banner - Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Engine

Cara Mendaftarkan Website ke Search Engine

Salah satu nilai lebih dari suatu website adalah terdaftar pada search engine populer. Dengan terdaftar di search engine, website akan lebih mudah ditemukan dan tentu saja akan mendatangkan traffic yang lebih besar. Lalu bagaimana cara mendaftarkan website ke search engine?

Cara untuk terdaftar pada sebuah search engine sebenarnya cukup mudah, meskipun Anda tidak dapat menyulap situs Anda untuk masuk ke halaman pertama index pencarian. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan cara mendaftarkan website ke search engine.

Syarat agar Domain cepat ter-index

Untuk dapat masuk dalam daftar pencarian search engine, website Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut :

Website Anda harus mengandung unsur text

Search engine membaca file non-binary pada website Anda. Text-text yang terdapat di dalamnya akan disimpan dalam database search engine tersebut, sehingga akan muncul pada pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan isinya.

Tidak disarankan membuat suatu website dalam bentuk full flash atau gambar saja. Disarankan isi website merupakan kombinasi dari text dan gambar.

Lengkapi header di setiap halaman

Header yang terdiri dari title, meta description, dan meta keyword harus diisi dengan kata-kata yang relevan dengan isi website. Hal ini semakin memudahkan search engine untuk menyimpan isi halaman website Anda dalam databasenya.

Buat semua halaman dengan lengkap

Sebelum Anda mulai mendaftarkan website Anda pada search engine, silahkan buat seluruh halaman dengan lengkap. Jangan sampai ada deadlink. Biasanya search engine tidak banyak mereferensikan hasil pencariannya pada website yang masih terdapat banyak deadlink.

Sebaiknya membuat sitemap

Untuk mempermudah search engine menemukan halaman-halaman pada website Anda, buatlah sitemap yang berisi link ke seluruh halaman dalam website tersebut.

Tambahkan tag alt pada link image

Tag alt pada image yang berkait (memiliki link) akan memudahkan search engine untuk melakukan crawl halaman yang dituju oleh link tersebut.

Mendaftar domain di Google Search

Google memiliki banyak fasilitas untuk mendaftarkan website dan memasukkannya ke dalam index pencariannya. Untuk mendaftarkan website di Google, anda dapat mendaftarkan domain ke google search engine.

Ada dua cara mendaftarkan domain ke Google search, berikut panduannya :

Mendaftar domain di Bing webmaster

Bing juga menyediakan fitur Webmaster tools untuk memudahkan para pemilik website dalam mengelola dan memantau performa web di bing.

Untuk mendaftarkan website di Bing webmaster tools, anda dapat mengikuti panduan berikut: Cara Mendaftar dan Verifikasi Domain

Perlu diingat bahwa tidak ada jaminan website Anda akan masuk ke index pencarian Google, Bing, maupun search engine lain. Masing-masing search engine memiliki mekanisme seleksi, crawl, dan indexing yang berbeda-beda.

Cara termudah untuk dapat masuk pada index pencarian adalah dengan konten yang berkualitas. Semakin baik kualitas konten pada website anda, maka semakin cepat website anda terindex di search engine.

Demikian cara mendaftarkan website ke search engine dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer