Rumahweb Journal

Cara Install WordPress Melalui SSH di VPS Ubuntu

Bagi pengguna layanan VPS Ubuntu non panel, Anda bisa melakukan instalasi WordPress melalui SSH. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install WordPress melalui SSH step by step.

Selain paket Shared dan Cloud Hosting, VPS juga menjadi paket yang banyak dipilih oleh pelanggan Rumahweb karena beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan. Kustomisasi adalah salah satu kelebihan utama dari VPS, yang memungkinan Anda memilih jenis sistem yang sesuai dengan kebutuhan spesifik yang diperlukan.

Dengan VPS, Anda bisa mendapatkan akses yang tidak bisa didapatkan pada paket hosting lain karena adanya beberapa limitasi. Sebagai contoh: Anda bebas memilih sistem operasi yang diinginkan.

Anda juga bebas memilih service web server yang ingin digunakan, port berapa saja yang ingin digunakan. Anda juga bebas memilih apakah server VPS yang Anda miliki akan dilengkapi dengan atau tanpa control panel. Setiap pilihan setup VPS memiliki kelebihan masing-masing, yang bisa dioptimasi sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan VPS Non Panel

Secara default, paket VPS Rumahweb bersifat non panel. Artinya, server VPS Rumahweb belum dilengkapi dengan control panel bawaan seperti cPanel atau Plesk Panel. Anda mendapatkan sebuah server yang sudah terinstal sistem operasi, yang bisa diakses secara remote menggunakan koneksi SSH.

Meskipun konfigurasi VPS harus dilakukan secara manual menggunakan command line, ada beberapa kelebihan dari VPS non panel, antara lain:

  • Beban kerja (load) server lebih ringan, karena tidak harus menjalankan service control panel.
  • Menghemat ruang penyimpanan (storage) VPS.
  • Tidak perlu membeli lisensi control panel.

Dengan beberapa kelebihan tersebut, VPS non panel bisa Anda gunakan sebagai sistem yang handal untuk membangun sebuah website menggunakan CMS WordPress. Artikel journal kali ini kami ingin membahas seputar cara install WordPress melalui SSH di VPS Ubuntu. Berikut langkah-langkah instalasi WordPress di VPS Ubuntu:

Step 1. Persiapan Sistem

1. Konfigurasi Virtual Host

Langkah pertama untuk menginstal WordPress di VPS Ubuntu adalah melakukan konfigurasi Virtual Host di Apache Web Server. Dengan konfigurasi Virtual Host, instalasi WordPress akan bisa diakses melalui alamat domain milik Anda. Untuk panduan konfigurasi Virtual Host di Apache Web Server bisa dibaca di halaman berikut.

2. Persiapan Database

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan database yang akan digunakan oleh WordPress. Langkah ini terdiri dari pembuatan database, user database, dan penambahan hak akses database. Sebagai contoh, nama database dan user database yang akan dibuat adalah wordpress.

Melalui SSH, kemudian masuk ke service MySQL dengan menjalankan perintah berikut:

# sudo mysql -u root -p

Buat database wordpress dengan menjalankan perintah berikut:

# CREATE DATABASE wordpress DEFAULT CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

Buat user database wordpress dengan menjalankan perintah berikut:

# CREATE USER 'wordpress'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';

Menambahkan hak akses user database dengan menjalankan perintah berikut:

# GRANT ALL ON wordpress.* TO 'wordpress'@'localhost';
# FLUSH PRIVILEGES;
# EXIT;

3. Mengunduh Installer WordPress

Setelah database dibuat, langkah selanjutnya adalah mengunduh installer WordPress ke dalam direktori root domain yang sudah dibuat di pengaturan virtual host. Sebagai contoh, alamat domain yang diatur adalah domainku.com, maka lokasi direktori root ada di folder /var/www/domainku.com/public_html

Untuk mengunduh installer WordPress, jalankan perintah berikut:

# cd /var/www/domainku.com/public_html
# sudo wget https://wordpress.org/latest.zip

Setelah proses unduh selesai, extract dan pindahkan ke direktori root:

# sudo unzip /var/www/domainku.com/public_html/latest.zip
# sudo mv /var/www/domainku.com/public_html/wordpress/* /var/www/domainku.com/public_html

4. Penyesuaian File Owner dan Permission

Supaya installer yang sudah disiapkan sebelumnya bisa dijalankan, langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian file owner dan file permission. Pada tahap ini, file owner direktori root akan diubah menjadi www-data, permission folder menjadi 755 dan permission file menjadi 644.

Untuk menyesuaikan file owner dan permission, jalankan perintah-perintah berikut:

# sudo chown -Rf www-data:www-data /var/www/domainku.com/public_html
# sudo find /var/www/domainku.com/public_html/ -type d -exec chmod 755 {} \;
# sudo find /var/www/domainku.com/public_html/ -type f -exec chmod 644 {} \;

Step 2. Install WordPress

Setelah persiapan sistem selesai, langkah selanjutnya adalah instalasi WordPress melalui antarmuka grafis yang dijalankan melalui web browser. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Akses alamat domain yang sudah dipersiapkan. Halaman default instalasi WordPress akan muncul. Klik tombol Continue.

pilih bahasa - cara Install WordPress

2. Akan muncul halaman konfirmasi mengenai konfigurasi database yang harus dimasukkan. Klik tombol Let’s Go.

Klik menu lets go

3. Masukkan nama database, user database, dan password database yang sudah disiapkan sebelumnya. Pada kolom hostname isi dengan localhost dan pada kolom Table Prefix dibiarkan default.

Setting database - cara Install WordPress

4. Akan muncul jendela konfirmasi, klik tombol Run the installation.

pilih run installation

5. Langkah selanjutnya akan tampil halaman konfigurasi WordPress yang akan diinstal. Pada Site Titlei, isikan judul website yang akan dibuat.

Pada kolom username, isikan username admin WordPress yang akan digunakan, dan pada kolom password, isikan password admin WordPress yang akan digunakan. Terakhir, masukkan alamat email Anda, lalu klik Install WordPress.

Setting koneksi database

6. Instalasi WordPress berhasil. Halaman login dashboard WordPress bisa diakses dari alamat: domainku.com/wp-admin

Instalasi sukses
Login WordPress

Penutup

Layanan VPS adalah layanan hosting alternatif yang saat ini semakin diminati oleh pelanggan, karena beberapa kelebihan seperti yang kami sebutkan di atas. Bagi Anda yang belum terbiasa mengelola server VPS non panel, mungkin perlu waktu untuk memahami dan menguasai langkah-langkahnya.

Dengan semua potensi yang ada, membangun sebuah website menggunakan WordPress di dalam VPS non panel adalah salah satu pilihan yang tepat. Anda akan mendapatkan server VPS yang powerful dan CMS WordPress yang mudah digunakan.

Demikian panduan cara install WordPress melalui SSH di VPS Ubuntu. Apabila mengalami kesulitan silahkan menghubungi tim technical support Rumahweb, untuk mendapatkan panduan atau bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.