Rumahweb Journal
Install Theme WordPress Melalui PhpMyAdmin di cPanel

Cara Install Theme WordPress Melalui phpMyAdmin di cPanel

Setidaknya ada 3 cara yang dapat anda lakukan, untuk install theme WordPress pada website. Cara pertama bisa anda lakukan dengan cara mengupload langsung melalui wp-admin atau dashboard WordPress. Sedangkan cara kedua bisa anda lakukan melalui WordPress toolkits.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk install theme WordPress adalah melalui cPanel, yaitu dengan cara mengupload theme zip anda ke directory /themes. Cara ini dapat Anda lakukan, jika theme yang anda upload berukuran lebih dari 10mb.

Kami pastikan dengan cara ini, theme Anda akan berhasil diganti dan jarang sekali kami temukan kegagalan.

Install Theme WordPress dari phpMyadmin

Ada dua tahapan yang harus anda lakukan, yaitu mengupload file themenya terlebih dahulu lalu mengaktifkan theme tersebut melalui phpmyadmin. Berikut langkah-langkahnya.

Step 1. Upload file .zip theme Anda

Anda bisa mengupload file zip theme melalui FTP maupun File manager. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan cara upload theme zip melalui File manager. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu ‘File Manager’
  3. Klik folder public_html > wp-contents > themes. Pada contoh ini, kami menggunakan directory root yaitu public_html untuk domain utama. Jika anda akan upload ke subdomain atau directory yang berbeda, silahkan anda sesuaikan directory file websitenya masing-masing.
  4. Upload theme .zip yang telah anda miliki seperti pada gambar.
Install theme wordpress dari cpanel - upload dan ekstrak theme
  1. Setelah upload file .zip selesai, jangan lupa untuk extract file tersebut. Nantinya, akan muncul sebuah folder theme baru yang telah anda upload. Pada contoh gambar adalah ‘themesrumahweb’.

Step 2. Mengaktifkan Theme melalui phpMyAdmin

Pada dasarnya, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan theme WordPress. Pertama melalui dashboard wordPress anda di menu Appearance >> Themes atau melalui phpMyAdmin.

Paling mudah, anda bisa menggunakan opsi pertama yaitu mengaktifkan melalui menu dashboard WordPress. Namun pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengaktifkan theme WordPress melalui phpMyAdmin. Cara ini juga bisa anda gunakan, apabila website anda error atau rusak setelah mengganti theme. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Masih di halaman cPanel, silahkan klik menu phpMyAdmin.
  2. Pilih database WordPress >> pilih Table wp_options >> masuk halaman dua >> rubah field ‘template’ dan ‘stylesheet’ menjadi nama theme yang tadi di ekstrak.
Install theme wordpress dari cpanel - wpoption
  1. Ganti nama theme pada kolom “options_value” menjadi nama theme anda yang baru seperti gambar berikut :
Install theme wordpress dari cpanel - edit sheet

Demikian panduan Rumahweb tentang cara install theme WordPress manual dari cPanel. Apabila ada kendala dalam install theme nya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu pengecekannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)