Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
install_moodle_plesk

Cara Install Moodle di Plesk Panel

Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Merupakan paket perangkat lunak yang bertujuan sebagai media pembelajaran berbasis internet atau e-learning. Moodle dapat diinstall pada VPS atau Server yang menggunakan Plesk Panel.

Berikut ini panduan installasi Moodle di VPS atau Server yang menggunakan Plesk Panel :

1. Login ke Plesk Panel Anda kemudian pilih menu Websites and Domains
2. Pada Website yang ingin diinstall Moodle, pilih menu Applications

3. Pilih menu All Available Applications, kemudian ketikkan Moodle untuk mencari aplikasi Moodle. Apabila sudah ditemukan maka bisa klik install

4. Selanjutnya akan tampil form installasi. Anda bisa menginputkan form installasi tersebut sesuai kebutuhan. Yang perlu diperhatikan pada form ini utamanya pada bagian Administrative access, silahkan diisi dengan username dan password yang aman. Untuk kolom lain yang diberi tanda bintang ( * Required fields) wajib diisi, sedangkan kolom yangg tidak diberi tanda bintang, boleh diisi atau boleh juga dibiarkan (default).

5. Lanjutkan proses installasi. Apabila installasi telah berhasil dilakukan maka akan muncul keterangan bahwa Moodle telah berhasil diinstall.

6. Sebagai tambahan informasi bahwa Moodle versi 2.x keatas menggunakan function readfile() dan function fpassthru() . Apabila kedua function tersebut termasuk dalam disable function di server (karena alasan keamanan), maka Anda dapat melakukan penyesuaianv dengan menggunakan function lain yang fungsinya sama namun lebih aman. Silahkan bisa klik link berikut ini untuk melihat panduannya : Disable function Moodle

Demikian panduan installasi Moodle pada Plesk Panel, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition