Rumahweb Journal
Banner - Cara Cloning WordPress di Plesk Panel

Cara Cloning WordPress di Plesk Panel

Bagi Anda pengguna layanan WordPress hosting maupun VPS dengan lisensi Plesk, Anda bisa melakukan cloning website berbasis CMS dengan sangat mudah. Anda bisa menggunakan fitur ‘Clone Instance’, untuk melakukan clone website secara cepat. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara cloning WordPress di Plesk.

Fitur Clone Instance di Plesk ini bisa Anda gunakan untuk melakukan cloning website WordPress, dari domain utama ke domain addon, maupun ke subdomain yang telah anda buat pada hosting tersebut. Lalu, apa saja manfaat fitur clone instance ini? kami akan mengulas fitur ini untuk Anda.

Apa itu Clone Instance

Clone instance adalah salah satu fitur di Plesk panel yang dapat digunakan untuk menggandakan atau menduplikasi website, dari satu domain ke domain lain. Dengan fitur ini, anda bisa menduplikasi website secara mudah tanpa harus melakukan scripting.

Tidak hanya cloning, Anda juga bisa menggunakan fitur clone instance untuk staging atau melakukan develop website tanpa harus melakukan perubahan di domain utamanya.

Contoh kasusnya Anda punya website dengan CMS WordPress yang sudah berjalan dengan baik, namun Anda ingin melakukan perubahan pada tampilan websitenya tanpa ingin mengganggu website utama yang sedang berjalan. Fitur staging ini bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan tersebut.

Cara kerja staging adalah menduplikasi website utama ke subdomain, lalu Anda bisa melakukan developing website di subdomain staging tersebut. Setelah website staging selesai dibuat, maka anda bisa melakukan push agar website staging dapat di clone ke website utamanya.

Dengan proses staging ini, website anda bisa diakses dengan baik tanpa khawatir error atau gagal akses ketika proses developing dilakukan.

Cara Cloning WordPress

Hal pertama yang perlu di cek adalah website utama anda dapat diakses dengan baik. Kedua, Anda bisa menyiapkan subdomain maupun addon domain terlebih dahulu. Setelah kedua hal tersebut dipastikan Ok, maka selanjutnya anda bisa melakukan proses clone.

  • Login ke Plesk Panel hosting Anda terlebih dahulu
  • Masuk ke menu WordPress Toolkit, lalu pada subdomain yang ingin Anda clone, klik link ‘Clone’.
Cloning WordPress pada Layanan WordPress Hosting
  • Setelah itu, Anda akan menemukan tampilan seperti screenshot berikut :

Panduan cloning wordpress di plesk panel Rumahweb

Keterangan :

  1. Pada tampilan awal, lokasi yang dituju adalah subdomain. Anda dapat meng-klik pada link ‘new subdomain’ untuk memunculkan window kecil baru
  2. Setelah window kecil keluar, silahkan pilih ‘Existing domain or subdomain’ lalu masukkan nama domain utama Anda pada kolom di bawahnya
  3. Klik tombol OK
  4. Klik tombol OK yang berada di bagian bawah

Cara cloning WordPress melalui plesk panel Rumahweb
Setelah itu, WordPress Toolkit akan melakukan cloning instalasi WordPress Anda ke domain utama. Silahkan ditunggu hingga selesai.

Sampai tahap ini, cara cloning WordPress di Plesk telah selesai. Selanjutnya Anda bisa melakukan editing pada website, agar tampilan kedua website bisa berbeda atau sesuai kebutuhan anda. Mudah bukan cara clone website di Plesk? Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Hanif Lutfi

Lulusan penerbang Simtudduror. Alih profesi sejak di bid'ah-bid'ah kan.