Rumahweb Journal
Banner - WebMail Lite Pengertian, Fungsi, dan Cara Instalasinya

WebMail Lite: Pengertian, Fungsi, dan Cara Instalasinya

WebMail Lite adalah aplikasi mail client yang digunakan untuk mengelola email domain melalui browser dalam versi yang lebih ringan. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang WebMail lite mulai dari pengertian, fungsi hingga cara install WebMail lite di cPanel.

Secara default, cPanel menyertakan Roundcube sebagai aplikasi default yang dapat Anda gunakan untuk mengelola email. Dengan Roundcube, semua kebutuhan kelola email domain Anda dapat dipenuhi.

Namun, jika koneksi internet Anda kurang stabil atau Anda ingin bepergian ke suatu daerah yang memiliki jangkauan internet kurang baik, WebMail lite dapat menjadi solusi yang bisa diandalkan.

Lalu apa itu WebMail lite dan apa perbedaannya dengan roundcube? Simak informasi berikut ini.

Apa itu WebMail Lite?

WebMail lite adalah versi ringan dari webmail interface yang dirancang untuk menyederhanakan user experience dan memungkinkan akses cepat dan mudah ke kotak masuk, pesan, dan fitur lainnya dari akun email Anda melalui web browser.

Webmail Lite menawarkan fitur-fitur dasar yang diperlukan untuk mengelola email, seperti membaca, mengirim, meneruskan, dan menghapus pesan. Dari sisi tampilan, WebMail lite memiliki user interface yang lebih sederhana dan terfokus pada fungsi inti daripada fitur kelola email.

Aplikasi WebMail Lite dapat digunakan untuk mengakses email di hampir semua server email yang mendukung IMAP. Karena itu, WebMail Lite juga dapat Anda gunakan untuk mengelola email dari mail server lain, tidak hanya pada cPanel yang Anda gunakan. Namun perlu dipastikan bahwa mail server yang Anda gunakan telah mendukung IMAP.

Kapan perlu menggunakan webmail lite?

WebMail Lite cocok digunakan dalam beberapa situasi tertentu. Berikut adalah beberapa contoh situasi di mana WebMail Lite dapat menjadi pilihan yang baik:

1. Koneksi Internet Terbatas

Jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat atau tidak stabil, menggunakan Webmail Lite dapat membantu mengurangi penggunaan bandwidth. User interface yang ringan akan memerlukan lebih sedikit resource dan waktu untuk dimuat.

2. Perangkat Lemot

Pada perangkat dengan spesifikasi rendah atau kinerja terbatas, Webmail Lite dapat berjalan lebih lancar dan responsif dibandingkan dengan antarmuka webmail yang lebih berat.

3. Penggunaan Sementara atau Darurat

Jika Anda hanya perlu mengakses email Anda secara sementara atau dalam situasi darurat, Webmail Lite dapat menjadi pilihan yang cepat dan efisien tanpa perlu melakukan konfigurasi atau pengaturan yang rumit.

4. Akses cepat dan sederhana

Jika Anda hanya perlu mengakses email Anda dengan cepat dan melakukan tugas-tugas dasar seperti membaca, mengirim, atau meneruskan pesan, Webmail Lite dapat menjadi pilihan yang tepat. User interface yang sederhana akan memudahkan Anda untuk melakukan tugas-tugas ini tanpa perlu memahami fitur-fitur yang lebih komplek.

Namun, perlu diingat bahwa Webmail Lite mungkin tidak dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap untuk manajemen email yang lebih lanjut.

Cara Install WebMail Lite

Berikut adalah cara install WebMail lite di cPanel melalui fitur Softaculous Auto Installer.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Setelah login ke cPanel, silahkan klik menu softaculous apps installer.
menu softaculous cpanel
  1. Setelah masuk pada halaman softaculous, silahkan cari aplikasi WebMail Lite melalui kolom pencarian di bagian kiri atas.
fitur webmail lite di softaculous
  1. Klik tombol install untuk memulai instalasinya.
install webmail lite
  1. Pada bagian choose installation, silahkan sesuaikan domain / subdomain yang akan digunakan. Pada contoh diatas, instalasi dilakukan pada subfolder dari subdomainnya, sehingga nantinya akses ke halaman WebMail Lite melalui URL https://papandayan.admin.id/mailapp.
setting webmail lite
  1. Di bawahnya terdapat bagian setting untuk mailserver yang akan digunakan, silahkan isikan server address menggunakan nama domain, serta sesuaikan port settingnya. Saran kami, selalu gunakan SSL (Use SSL ON) agar transportasi data emailnya terenkripsi dan lebih aman.
email setting webmail lite
  1. Pada bagian bawahnya, terdapat Site Settings yang digunakan untuk setting nama situs / halamannya, bahasa dan juga bagian Admin Account untuk setting akses panel admin WebMail Litenya.

    Setelah seluruh bagian sudah sesuai, lakukan proses instalasi dengan klik tombol install. Tunggu proses instalasinya selesai, akan muncul informasi seperti berikut ini.
cara install webmail lite cpanel

Login WebMail Lite

Default login ke WebMail Lite dapat dilakukan melalui url namadomain/mailapp. Pada demo diatas, kami menggunakan subdomain papandayan.admin.id, sehingga halaman loginnya dapat diakses melalui papandayan.admin.id/mailapp.

Sedangkan untuk panel Adminnya dapat diakses melalui format namadomain/mailapp/adminpanel. Sehingga untuk demo yang kami gunakan diatas, aksesnya dilakukan melalui papandayan.admin.id/mailapp/adminpanel.

Silahkan akses ke halaman WebMail Lite yang sudah Anda buat, dan lakukan test login akun email yang sudah tersedia / dibuat sebelumnya dari mailserver yang digunakan.

Login webmail lite

Setelah login Anda akan diarahkan ke halaman mailbox yang bisa digunakan untuk memeriksa inbox dan juga melakukan kirim email.

user interface webmail lite

Apabila login berhasil akan muncul tampilan seperti screenshot diatas, lakukan pengujian untuk menerima email dan juga mengirimkan email, jika sudah berhasil maka WebMail Lite sudah bisa digunakan.

Demikian artikel kami tentang apa itu WebMail Lite hingga cara menggunakannya, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Afiandhi Risky