Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Membuat Staging WordPress di Softaculous

Membuat Staging WordPress di Softaculous

Tahukah Anda kalau cPanel menyediakan fitur Staging untuk CMS ? Fitur Staging ingin berfungsi, jika anda ingin melakukan perubahan design website, tanpa ingin merubahn tampilan utama website yang saat ini sedang berjalan atau online. Kali ini, kami akan membahas tentang fungsi Staging pada CMS WordPress.

Staging dimaksudkan untuk menduplikasi website WordPress yang saat ini online ke subdomain / subfolder untuk kebutuhan developer / setting ulang websitenya. Setelah perubahan pada Staging WordPress Anda sudah selesai, cukup melakukan push kembali staging WordPress ke halaman aslinya.

Berikut tahap pembuatan Staging pada WordPress melalui Softaculous di cPanelnya.

1. Akses ke cPanel hosting yang digunakan dan masuk ke menu Softaculous yang sudah ada di cPanel dan masuk ke menu WordPress yang tersedia di Softaculousnya.

Klik tanda create Staging dari website WordPress yang sudah ada sesuai screenshot diatas.

2. Anda akan diarahkan ke halaman proses pembuatan Staging WordPress yang akan diminta untuk setting tujuan pembuatan Staging dan juga nama databasenya seperti screenshot berikut :
Isikan data Staging tujuan sesuai informasi di screenshot, dan klik tombol “Create Staging” untuk memulai pembuatan Stagingnya, cukup tunggu sampai selesai dan staging sudah bisa digunakan untuk dilakukan proses edit dan sebagainya.

3. Ketika proses edit website Staging sudah selesai dilakukan, terdapat tombol / pilihan push untuk Staging tersebut agar data Staging dipindahkan kembali ke domain asalnya.

Kami sarankan Anda melakukan backup terlebih dahulu, sebelum melakukan perubahan pada data websitenya.

Demikian tips editing website WordPress dengan cara Staging dari cPanel, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky

Blog Competition