Rumahweb Journal
banner - cara membuat subdomain di cpanel

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Pada artikel ini, Kami akan menjelaskan tentang pengertian subdomain serta cara membuat subdomain di cPanel. Panduan ini bisa digunakan bagi pengguna layanan Shared hosting, Unlimited hosting dan juga Cloud Hosting.

Pengertian Subdomain

Subdomain adalah sebuah nama yang letaknya di depan domain utama atau bisa disebut sebagai domain turunan. Sebagai contoh, kami memiliki domain utama yang beralamat rumahweb.com. Dari domain utama tersebut, kami bisa membuat subdomain seperti promo.rumahweb.com untuk menampilkan halaman promo, order.rumahweb.com untuk menampilkan halaman pemesanan dan masih banyak lagi.

Buat subdomain itu gratis lho, enggaaak perlu bayar. Yang paling penting adalah subdomain tersebut mengarah ke server yang aktif, sehingga subdomain yang dibuat bisa diakses dan digunakan.

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat subdomain di cPanel:

1. Login ke cPanel hosting Anda.

2. Masuk ke menu “subdomain dengan memilih icon subdomain di cPanel.

menu subdomain di cPanel

3. Di kolom subdomain tersebut, silahkan masukkan nama subdomain yang diinginkan. Misalnya, jika ingin membuat subdomain sqmail.namadomainanda.com, maka cukup  isi kolom tersebut dengan sqmail

Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting

4. Pada kolom Documen Root akan terisi secara otomatis dimana letak file document Anda.

5. Klik “create”, maka akan tercipta subdomain baru.

Setelah pembuatan subdomain selesai maka akan tercipta sebuah folder baru di “public_html” dengan nama folder yang sama dengan nama subdomain yang dibuat. Misal Anda membuat sqmail.namadomainanda.com, maka akan tercipta folder bernama sqmail di directory “public_html/sqmail”. Dan jika Anda ingin mengisi subdomain dengan file website maka file website tinggal di upload atau diinstall pada folder sqmail tadi.

Selanjutnya Anda dapat mengupload file website ke directory root subdomainnya, atau bisa melakukan instalasi CMS melalui Softaculous, untuk subdomain tersebut. Berikut kami sertakan referensi, untuk upload file web ke subdomain atau install CMS untuk subdomain.

Pelajari juga artikel kami yang lain tentang cara membuat subdomain melalui Plesk dan Clientzone, pada link berikut:

Demikian panduan membuat subdomain dengan mudah dari Rumahweb Indonesia. Pasti sudah tidak ada yang bingung lagi kan, untuk membuat subdomain sendiri. Apabila ada pertanyaan mengenai cara membuat subdomain atau pertanyaan mengenai produk dan layanan Rumahweb lainnya, silakan menghubungi support kami yang bertugas.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 13

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo