Rumahweb Journal
Banner - Cara Install Laravel di Ubuntu 22.04

Cara Install Laravel di Ubuntu 22.04

Laravel adalah salah satu framework yang saat ini banyak digunakan oleh developer untuk mengembangkan aplikasi berbasi web maupun API. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu Laravel, termasuk juga cara install Laravel di Ubuntu atau LAMP pada layanan VPS.

Namun sebelum kami bahas cara install Laravel di Ubuntu, kami akan mengulas terlebih dahulu tentang apa itu Laravel dan kelebihannya. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Laravel?

Laravel adalah framework berbasis PHP yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dan API. Framework ini menawarkan banyak fitur yang memudahkan pengembang untuk membangun aplikasi yang aman, skalabilitas, dan mudah dalam proses maintenance.

Framework Laravel pertama kali dirilis pada tahun 2011 oleh Taylor Otwell. Laravel berkembang pesat sejak saat itu dan menjadi salah satu framework PHP paling populer di dunia.

Salah satu alasan Laravel berkembang pesat karena Laravel adalah pilihan yang tepat untuk pengembang yang ingin membangun aplikasi web dan API yang berkualitas. Laravel menawarkan banyak fitur yang memudahkan pengembang untuk membangun aplikasi maupun API.

Informasi lebih detail terkait framework Laravel dapat anda pelajari di link ini.

Kelebihan Laravel

Sesuai informasi diatas, Laravel banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan daripada framework lain yang ada. Berikut beberapa keunggulan dari framework Laravel.

Mudah Dipelajari dan Digunakan

Framework Laravel memiliki script yang cukup jelas dan terstruktur. Sehingga framework Laravel lebih mudah untuk dipelajari.

Selain itu, Laravel memiliki dokumentasi yang cukup banyak ditemukan di internet. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan anda dalam pembuatan aplikasi dengan framework Laravel.

Efisiensi dan Produktivitas

Framework Laravel menyediakan beberapa fitur default yang umumnya banyak digunakan, seperti authentication, form validasi, routing, termasuk juga untuk manajemen database.

Dengan adanya fitur tersebut akan mempermudah developer dalam pembuatan aplikasi dengan Laravel.

Keamanan dan Skalabilitas

Framework Laravel juga dapat digunakan untuk aplikasi berskala besar. Laravel termasuk framework yang cukup fleksibel dan dapat memenuhi kebutuhan yang kompleks untuk aplikasi skala besar.

Selain itu, Laravel juga memiliki sistem keamanan bawaan yang cukup baik untuk melindung aplikasi Anda dari serangan seperti XSS, dan SQL injection. Laravel juga menyediakan fitur cache yang dapat membantu meningkatkan performa aplikasi dan dapat membantu dalam menangani beban traffik yang tinggi.

System Requirement Laravel di Ubuntu

Setelah mengetahui tentang apa itu Laravel, saatnya anda memulai untuk melakukan install Laravel. Sebelumnya, kami telah membahas tentang cara install Laravel di Localhost.

Pada artikel kali ini, Kami akan melakukan install Laravel di Ubuntu 22.04 pada layanan VPS KVM. Sebelum memulai installasi, pastikan server yang akan digunakan memenuhi minimum requirement berikut:

Sistem Operasi

Ubuntu 22.04 (LTS) atau versi yang lebih baru.

Web Server

Apache2 atau Nginx (salah satu).

PHP

  • Versi PHP 7.3.0 atau yang lebih baru (disarankan PHP 8.0 atau yang lebih tinggi).
  • Ekstensi PHP yang diwajibkan:
    • OpenSSL
    • PDO
    • Mbstring
    • Tokenizer
    • XML
    • Ctype
    • JSON
    • BCMath

Database

  • MySQL 5.7 atau yang lebih baru
  • PostgreSQL 9.6 atau yang lebih baru
  • SQLite 3.8.8 atau yang lebih baru
  • SQL Server 2017 atau yang lebih baru

Composer

Composer versi 2.1.9 atau yang lebih baru untuk mengelola dependensi Laravel.

Git (opsional)

Git untuk mengambil salinan kode Laravel dari repositori GitHub.

Memory

Minimal 512 MB RAM, disarankan 1 GB atau lebih untuk performa yang optimal.

Perlu diketahui, requirement diatas adalah minimum requirement dengan aplikasi Laravel standard. Apabila aplikasi Anda cukup kompleks, tentunya akan memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi.

Cara Install Laravel di Ubuntu

Setelah requirement terpenuhi, maka tiba saatnya untuk melakukan install Laravel di Ubuntu pada layanan VPS KVM.

Pada artikel ini, installasi dilakukan pada server dengan menggunakan tipe webserver apache2. Berikut langkah untuk installasinya.

  1. Langkah pertama untuk install Laravel adalah dengan melakukan installasi LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) terlebih dahulu pada server yang digunakan. Untuk installasi LAMP anda dapat mengikuti panduan berikut.
  2. Setelah installasi LAMP berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan installasi requirement lain yaitu composer. Untuk melakukan install composer, anda dapat menggunakan perintah berikut:
curl -sS https://getcomposer.org/installer | sudo php -- --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer

Kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.

install composer
  1. Untuk memastikan composer telah terinstall, silahkan menjalankan perintah berikut:
composer
composer sukses

Apabila tampilan sesuai gambar diatas, maka proses installasi composer sudah berhasil.

  1. Setelah composer selasi di install, silahkan anda melakukan konfigurasi vhosts terlebih dahulu untuk domain yang akan digunakan. Untuk konfigurasi vhosts anda dapat mengikuti panduan berikut.
  2. Kemudian masuk ke root directory domain sesuai dengan konfigurasi vhosts yang dilakukan sebelumnya untuk memulai install Laravel. Untuk masuk ke folder bisa dilakukan dengan perintah: “cd nama folder”.
open folder
  1. Setelah itu anda dapat memulai installasinya dengan menggunakan perintah:
composer global require laravel/installer
  1. Setelah proses tersebut selesai, silahkan menjalankan perintah:
composer create-project laravel/laravel nama-project
cara install laravel di ubuntu 22.04

Tunggu sampai proses installasi selesai, dan Laravel sudah berhasil terinstall. Untuk memastikannya, silahkan akses nama domain Anda. Apabila muncul halaman Laravel default, maka installasi sudah berhasil dilakukan.

laravel sukses

Demikian panduan kami tentang cara install Laravel di Ubuntu 22.04 dengan webserver apache. Semoga dapat menambah informasi dalam pengelolaan dan installasi aplikasi di sisi server anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.