Restore Manual WordPress di cPanel

WordPress saat ini menjadi CMS paling populer yang dipergunakan oleh banyak desainer website. Selain banyaknya pilihan theme dan plugin, kemudahan proses migrasi menjadi salah satu pertimbangan kenapa WordPress menjadi pilihan paling ideal sebagai platform untuk membangun website.

Pada artikel sebelumnya, kami pernah menulis tutorial tentang cara membuat backup manual WordPress di cPanel. Artikel kali ini kami akan membahas kelanjutan dari proses tersebut, yaitu cara melakukan restore manual WordPress di cPanel.

Apabila Anda sedang dalam proses migrasi website berbasis WordPress dari hosting sebelumnya, backup dan restore manual adalah metode yang paling praktis dan fleksibel, karena Anda tidak perlu membuat backup keseluruhan dari hosting Anda.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan restore manual WordPress di cPanel :

  1. Masuk ke menu File Manager di cPanel.

2. Masuk ke public_html, kemudian klik menu Upload, kemudian upload file zip hasil backup WordPress sebelumnya. Tunggu hingga proses upload selesai.

3. Setelah proses upload selesai, klik kanan pada file zip hasil backup, lalu pilih Extract.

4. Kembali ke menu utama cPanel, kemudian masuk ke menu MySQL Databases. Buat database dan user database baru, kemudian tambahkan ALL PRIVILAGES. Jangan lupa untuk mencatat password user database yang Anda buat, untuk dimasukkan ke dalam konfigurasi wp-config.php.

5. Masuk kembali ke menu utama cPanel, kemudian masuk ke menu PhpMyAdmin. Pilih database yang sebelumnya Anda buat, kemudian klik menu Import. Pilih file database MySQL hasil backup WordPress dari hosting sebelumnya. Klik Go (Kirim) dan tunggu proses import selesai.

6. Kembali ke menu File Manager cPanel, masuk ke public_html, kemudian klik kanan pada file wp-config.php kemudian pilih Edit. Pada bagian DB_NAME, DB_USER dan DB_PASSWORD, masukkan dengan nama database, user database dan password yang telah Anda buat di langkah nomor 4.

7. Apabila nama domain Anda di hosting yang baru berbeda dengan nama domain di hosting sebelumnya, Anda perlu melakukan pengaturan tambahan di PhpMyAdmin, pada table wp_options, kemudian pada kolom siteurl dan home, Anda rubah dengan nama domain yang baru.

Demikian panduan untuk proses restore manual WordPress di cPanel. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar