Menghapus Log Journal di Server VPS

VPS Hosting adalah salah satu produk dari Rumahweb yang menawarkan beberapa keunggulan dibanding paket hosting biasanya. Beberapa keunggulan itu antara lain, tidak terjadinya fenomena bad neighbors. Keunggulan lain adalah Anda bisa melakukan kustomisasi server VPS sesuai dengan kebutuhan, semisal : sistem operasi apa yang akan dipakai, Apakah akan menggunakan panel hosting atau tidak, Modul-modul, parameter dan versi PHP yang diaktifkan, dan seterusnya.

Ketika Anda memutuskan mempergunakan paket VPS Hosting, Anda mungkin akan mengalami kondisi, di mana ruang penyimpanan VPS Anda tiba-tiba menjadi penuh. Padahal, sebelumnya Anda tidak merasa menambahkan data website. Apabila terjadi kondisi demikian, besar kemungkinan karena munculnya log journal dengan ukuran yang cukup besar di dalam VPS Anda. Log journal adalah sekumpulan file log yang mencatat kesuluruhan aktivitas di sistem VPS, dan dalam rentang waktu tertentu, bisa terakumulasi menjadi ukuran yang cukup besar. Log journal ini aman untuk dihapus dan tidak akan berpengaruh terhadap fungsionalitas website Anda.

Bagaimana cara untuk mengetahui adanya log journal dan bagaimana cara untuk menghapusnya? Berikut langkah-langkah untuk mengetahui dan menghapus log journal di dalam server VPS :

1. Login ke server VPS anda melalui SSH. Apabila Anda mempergunakan sistem operasi Windows, Anda bisa mempergunakan aplikasi Putty. Apabila Anda mempergunakan Mac OS atau Linux, Anda bisa mempergunakan aplikasi Terminal.

2. Setelah berhasil login ke server VPS melalui SSH, pertama-tama Anda cek dulu disk usage dari server VPS Anda dengan mengetikkan perintah berikut (kemudian menekan Enter) :
df -h

Muncul output yang menginformasikan kalau disk usage server VPS sudah penuh (100%).

3. Pindah ke direktori /var/log/journal dengan mengetikkan perintah berikut (kemudian menekan tombol Enter) :
cd /var/log/journal
Kemudian Anda ketik perintah :
du -h

Muncul output yang menginformasikan ada log journal berukuran kuranglebih 1,5 GB.

4. Langkah terakhir adalah menghapus log journal dengan mengetikkan perintah berikut (kemudian tekan Enter) :
rm -rf namafilelog
(Anda bisa mengcopy paste nama log journal, atau bisa juga Anda ketik perintah rm -rf kemudian tekan tombol Tab supaya nama file log otomatis terbaca).

Setelah proses penghapusan selesai, Anda bisa mengecek kembali disk usage VPS Anda dengan perintah df -h dan akan Anda dapatkan output kalau disk usage server VPS sudah berkurang secara signifikan.

Demikian panduan untuk menghapus log journal di server VPS. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar