Tutorial Web Hosting

Tutorial dan userguide layanan web hosting Rumahweb

Penggunaan Traffic

Pada website, Traffic (atau bisa juga disebut ‘Bandwidth’) dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data yang telah dilakukan oleh website Anda. Jumlah traffic yang telah terpakai ditentukan oleh jumlah pengunjung , banyaknya halaman yang dikunjungi pada website Anda dan bagaimana website Anda ditampilkan.

Informasi mengenai traffic pada website dapat dilihat di Cpanel pada menu Logs->Bandwidth.

Akan terlihat screenshot seperti ini:

Memberikan informasi mengenai banyaknya bandwith yang telah terpakai.

Apa itu bandwith limit?

Misalnya paket Profesional hosting 100MB di Rumahweb, menawarkan bandwith limit yang bisa terpakai perbulannya adalah 5 GB. Artinya jika website Anda menggunakan paket profesional hosting 100 Mb, maka batasan untuk bandwidth adalah 5 GB/bulan. Apabila website Anda melewati batasan bandwidth 5GB, maka pengunjung tidak akan dapat mengakses website Anda.

Batasan ini berlaku perbulan, artinya jika bulan ini website Anda telah melewati batasan bandwith yang diberikan, maka bulan depannya, website Anda sudah dapat diakses lagi  (Bandwidth akan dihitung kembali mulai dari 0). Anda dapat merequest untuk upgrade paket (dengan bandwidth yang lebih besar tentunya) kepada perusahaan hosting Anda, apabila terjadi over limit pada bandwidth di website Anda.

Apa saja yang dapat mempengaruhi traffic Anda?

1. Tampilan website yang “WAH”
Anda tentu saja ingin website Anda tampil indah dan menarik. Namun tentu saja ada konsekuensi untuk traffic. Setiap kali halaman website ditampilkan, akan menghabiskan traffic sesuai dengan besarnya halaman tersebut. Sehingga halaman dengan banyak gambar akan relatif lebih menghabiskan bandwidth dibanding halaman yang berupa dengan tulisan saja.

2.  Upload dan download
Proses upload dan download yang dilakukan website Anda juga berpengaruh pada traffic. Semakin banyak  Anda melakukan upload/download, maka semakin besar jumlah traffic yang digunakan.

3. Pop dan SMTP
Jika Anda menggunakan software e-mail ke komputer Anda (contoh: Outlook, Eudora, Windows mail) untuk menerima dan mengirim e-mail, maka untuk menarik e-mail ke komputer Anda (dengan menggunakan POP3) atau mengirimkan e-mail (SMTP) akan mengorbankan traffic Anda.

Artikel Terkait:

  1. Traffic pada Hosting
  2. Penggunaan Space Hosting
  3. Suspend pada Account Hosting
  4. Mendaftarkan Situs ke Search Engine
  5. Tips Memilih Web Hosting
  6. Cara Merubah Aplikasi WordPress ber-bahasa Indonesia
  7. Kata-kata sulit tentang Domain
  8. Informasi Login ke Berbagai Fasilitas
  9. Beberapa Cara Upload Website ke Hosting Server
  10. Membuat Database MySQL

Leave a Reply

Security Code: