Rumahweb Journal
Banner - Sudah Upload File Tapi Website Tidak Tampil

Sudah Upload File Tapi Website Tidak Tampil?

Sudah upload file tapi website tidak tampil? Pertanyaan ini menduduki peringkat teratas daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan Rumahweb. Penyebab gagal akses biasanya simpel, namun tetap perlu kita bahas agar Anda dapat menganalisis letak kesalahannya.

Ada beberapa kemungkinan, dari website yang tidak bisa diakses. Berikut kami rangkumkan beberapa analisa untuk kendala gagal akses website setelah diupload.

File tidak terupload ke direktori public_html

Semua file website dan folder harus berada dibawah direktori public_html (atau lengkapnya /home/username/public_html). Di luar direktori tersebut, file website tidak akan dapat ditampilkan. Pastikan Anda telah masuk ke direktori public_html dahulu baru mengupload file.

Jika menggunakan FTP, pertama kali setelah software FTP Anda terkoneksi dengan server web hosting, direktorinya adalah /home/username/. Anda perlu mengklik folder public_html dahulu agar bisa masuk ke /home/username/public_html.

Bagi yang ingin mengupload file web untuk addon domain atau subdomain, silahkan upload ke directory root yang digunakan.

Tidak ada file index

Nama file yang pertama kali akan ditampilkan sebagai halaman depan haruslah index.* (index.htm, index.html, atau index.php). Tanpa file index, halaman depan website Anda tidak akan muncul.

Penulisan nama file index salah

Masih berkaitan dengan point 2 di atas, bisa jadi Anda telah mempiliki file index. Akan tetapi penamaannya salah (mengandung huruf kapital). Nama file index harus dalam huruf kecil. Contoh nama file yang benar : index.html / index.htm bukan Index.html / index.HTM

Software yang digunakan untuk mendesain web tidak memenuhi syarat

Meskipun tidak selalu terjadi, terkadang apabila Anda membuat website dengan Microsoft Publisher, hasil output file html dari software tersebut tidak standard. Ukurannya cenderung membengkak, atau menggunakan tag (kode) html yang tidak standard.

Hal ini menyebabkan website Anda tidak dapat tampil. Solusinya, gunakan software yang memang diperuntukkan pembuatan website seperti Macromedia / Adobe Dreamweaver dan Microsoft Frontpage.

Website Anda masih tidak tampil juga? Hubungi bagian teknis kami untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Baca artikel berikut bila website sudah tampil, tapi gambar tidak tampil yang telah kami sediakan. Bagi website yang sebelumnya dapat diakses dengan baik namun menjadi gagal akses, baca artikel “website tidak bisa diakses” untuk mendapatkan solusi yang lebih lengkap.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer