Tutorial Web Hosting

Tutorial dan userguide layanan web hosting Rumahweb

Kata-kata sulit tentang Domain

Contoh : namadomainanda.com

Bagi newbie/pemula kebanyakan tidak tahu apa arti dari istilah istilah dalam domain. Contohnya subdomain, addon domain, redirect, parkdomain. Berikut ini, saya akan menjelaskan secara detail apa yang dimaksud oleh tiap2 istilah tersebut.

SUBDOMAIN

Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, untuk area utama website kami, digunakan www.rumahweb.com dan untuk area pelanggan/anggota digunakan subdomain kharismawan.rumahweb.com. Dalam contoh tersebut, “www” dan “kharismawan” adalah nama subdomain.

Cara mengaksesnya menu subdomain dari cPanel yaitu:

1. Buka cPanel anda melalui namadomainanda.com/cpanel

logcpanelmasukan username dan password anda. Setelah autentikasi berhasil anda langsung dapat menuju menu Domain->Subdomain pada cPanel.

subdomain

ADDON DOMAIN

Add-on Domain adalah domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah website. Misalnya anda mempunyai sebuah alamat website: domain-A.com, anda bisa Add-on domain-B.com dan diarahkan untuk menampilkan apa yang ada di domain-A.com/sub-direktori/.

Ketika domain-B.com/index.html diakses dari Internet, pengunjung tidak akan merasakan adanya perbedaan, domain-B.com akan tampil layaknya seperti domain biasa bagi pengunjung. Apa yang ditampilkan sebenarnya berada di domain-A.com/sub-direktori/index.html.

Add-on domain berbagi (share) dengan main account dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwidth & cPanel. Anda tidak akan mendapatkan cPanel untuk setiap add-on domain yang ditambahkan, semua diatur dalam satu cPanel Main account (cPanel domain-A.com dalam contoh). Pembuatan FTP account & Email Account untuk domain-B.com dapat dilakukan di cPanel domain-A.com.

Kesimpulannya: Add-on Domain tidak mendapat cPanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan domain / account biasa. Fitur Add-on domain ini tidak dibatasi, artinya anda boleh menambahkan berapapun domain yang anda miliki selama diskspace mencukupi.

Cara mengaksesnya yaitu

1. Seperti biasa anda harus melakukan login cPanel di namadomainanda.com/cpanel. Kemudan masukan informasi akun anda. Setelah berhasil anda dapat mengakses menu tersebut dari Domain->Addon domain. Seperti pada gambar dibawah ini:

addon

PARKED DOMAIN

Domain Parking (disebut juga Domain Pointer atau Domain Alias) adalah sebuah fitur untuk mengarahkan sebuah domain ke domain yang lain.

misalnya anda melakukan park domain terhadap namadomainanda.com menuju namadomainparkanda.com. Ketika anda mengakses namadomainparkanda.com, sebenarnya anda akan melihat content/isi dari namadomainanda.com.

Untuk mengaksesnya anda dapat login terlebih dahulu. Setelah masuk ke halaman utama cPanel anda dapat mengakses menu Domain->Parked domain. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah ini:

park

REDIRECT DOMAIN

Domain Redirect – disebut juga URL Redirect, meneruskan (forward) dari satu alamat domain ke alamat domain lain. Misalnya, anda mempunyai domain namadomainanda.com, kemudian anda telah melakukan redirect menuju namadomainredirectanda.com. Maka, pada saat anda mengakses namadomainanda.com anda akan langsung diarahkan menuju namadomainredirectanda.com.

Anda dapat mengaksesnya dari cPanel. Kemudian pilih menu Domains->Redirect.

redirect

Semoga bisa membantu :) .

Artikel Terkait:

  1. Traffic pada Hosting
  2. E-Mail Aktivasi Hosting
  3. Cara Login ke cPanel Hosting
  4. Mendaftarkan Situs ke Search Engine
  5. Informasi Login ke Berbagai Fasilitas
  6. Penggunaan Traffic
  7. Tips Memilih Web Hosting

One Response to “Kata-kata sulit tentang Domain”

  1. mcmachasyin Says:

    mau nanya nih, kenapa di Cpanel saya tiba2 “subdomains” dan “addon domains” tidak muncul? padahal dulunya ada. saya mau menambahkan subdomains di web saya.

    Mohon pencerahannya.
    Thanks

Leave a Reply

Security Code: