Mengenal Menu-Menu di Weebly Builder

Setelah Anda mengaktifkan layanan Weebly builder, Anda bisa mengelola website melalui Panel Weebly Builder. Untuk mulai membuat website, akan lebih mudah jika Anda mengenali menu-menu yang ada di Weebly terlebih dahulu.

Kali ini, Rumahweb akan membagi informasi tentang beberapa menu di Weebly beserta fungsinya, agar Anda lebih mudah membuat website dengan Weebly builder, dengan hasil yang bagus dan terlihat profesional.

Penjelasan beberapa menu di Weebly Website Builder

Menu terletak dibagian atas atau header, di samping logo Rumahweb Indonesia. Weebly memiliki beberapa menu yang konfigurasi atau settingannya sangat user friendly. Berikut adalah penjelasan masing-masing menu :

1. Build

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 1

Menu yang pertama adalah “Build” yang memiliki beberapa feature pembuatan website dasar di Weebly. Di menu ini, Anda bisa menginputkan fitur-fitur dasar pembuatan website seperti text, gambar, layout dan sebagainya. Penjelasan tentang masing-masing fitur yang ada di Build bisa Anda simak pada artikel yang berbeda.

1.1 Side Menu/ Menu samping

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 2

Pada menu “Build”, terdapat menu lagi pada sebelah kiri halaman, menu ini berfungsi untuk melakukan pengeditan/pembuatan website Anda, mulai dari mengedit ataupun menambahkan judul pada website, sampai menambahkan video Youtube, semua terdapat di sidebar menu ini.

1.2 Preview

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 3

Selanjutnya adalah tampilan yang terdapat disebelah side menu, yaitu preview.
Sebenarnya tampilan preview tidak hanya terdapat di menu “build”, tetapi pada menu lainpun ada dengan fungsi yang sama yaitu untuk melihat perubahan dan bisa juga untuk melakukan pengeditan langsung pada tema.

2. Pages

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 4

Yang kedua adalah menu “Pages”, fungsi menu ini adalah untuk melakukan pengaturan halaman/pages website yang Anda buat.

2.1 Side Menu/Menu samping

Side menu pada “pages” ini terdapat pengaturan mengenai halaman pada website. Anda dapat membuat, mengedit dan menghapus halaman yang terdapat pada website.

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 5

3. Theme

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 6

Selanjutnya adalah “Theme”, apabila Anda ingin mengatur tema, seperti mengganti tema, dan sebagainya anda dapat menemukannya di menu ini.

3.1 Side Menu/Menu Samping

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 7

Pada menu “theme” juga memiliki Side menu, side menu pada di “theme” terdapat mengganti warna tema, font, dan pengaturan tema. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan HTML/CSS anda dapat melakukan pengeditan tema melalui halaman ini. Dan tampilan side menu seperti gambar dibawah,

4. Store

Sesuai dengan namanya, fungsi menu ini digunakan untuk melakukan konfigurasi toko online di Weebly. Fitur yang disediakan cukup lengkap, seperti konfigurasi toko online, post product, proses order, hingga pengiriman.

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 8

Akan tetapi masih ada beberapa kekurangan dari fitur ini seperti pemilihan pembayaran serta setting mata uang Rupiah. Jadi, pada dasarnya kami tidak memberikan saran pembuatan toko online melalui Weebly karena beberapa fitur yang masih belum lengkap.

5. Settings

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 9

Menu selanjutnya adalah “settings”. Anda pasti sudah mengetahui isi dari menu ini setelah membaca namanya. Menu ini berfungsi sebagai halaman pengaturan di website Anda.

Penjelasan menu pada weebly Rumahweb - 10

Seperti gambar dibawah, pada halaman setting Anda dapat melakukan pengaturan website mulai dari memberikan judul website, SEO, sampai mengatur blog pada website.

Demikian penjelasan beberapa menu pada weebly, semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan tentang menu atau panel Weebly builder, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui Livechat, telpon maupun email.

Tinggalkan Komentar