Rumahweb Journal
perbedaan tampilan website di beberapa browser

Perbedaan Tampilan Website Dibeberapa Browser

Pernahkah Anda menemui tampilan website nampak berbeda saat diakses menggunakan browser tertentu? Perbedaan tampilan website ini sering kali berasal dari penggunaan sintaks yang memang belum dikenali oleh browser yang digunakan.

Jadi bagaimana tips supaya tampilan website bisa tampil dengan baik di berbagai browser? Berikut ini ulasannya.

Faktor Penyebab Tampilan Website Berbeda

Perbedaan tampilan website di berbagai browser, ada beberapa faktor penyebabnya. Berikut ini informasinya.

1. Kompatibilitas HTML dan CSS

Setiap browser memiliki standar implementasi kode HTML dan CSS yang sedikit berbeda. Apabila seorang developer front end tidak memperhatikannya, maka tampilan website mungkin akan terlihat berbeda saat dikunjungi melalui browser tertentu.

2. Dukungan Fitur

Setiap browser juga menawarkan dukungan fitur dan teknologi untuk dapat menampilkan efek tertentu saat kode tersebut diimplementasikan. Namun terkadang, fitur tertentu tersebut belum didukung di browser lainnya. Sehingga efek tersebut belum dapat berjalan maksimal di browser berbeda, atau bahkan tidak tampil sama sekali.

3. Rendering Engine

Setiap browser menggunakan mesin rendering yang berbeda untuk membuat kode HTML, CSS, dan juga Javascript disajikan dalam bentuk tampilan.

Sebagai contoh, browser Chrome menggunakan Blink sebagai rendering enginenya, Firefox menggunakan Gecko, sedangkan Safari menggunakan WebKit.

Perbedaan penggunaan mesin rendering ini dapat menghasilkan tampilan website yang berbeda saat ditampilkan di browser.

Promo Hosting Murah Rumahweb

4. Versi Browser

Versi browser yang berbeda juga berpengaruh pada tampilan website. Jadi walaupun menggunakan browser yang sama namun versinya berbeda, perbedaan tampilan website bisa saja terjadi.

5. Perbedaan Sistem Operasi

Yang terakhir, selain dipengaruhi oleh browser, tampilan website yang berbeda juga dapat dipengaruhi oleh sistem operasi. Browser sering kali mengadopsi gaya tampilan sistem operasi, yang dapat mempengaruhi tampilan elemen-elemen antarmuka pengguna.

Tips Memastikan Tampilan Website Konsisten di Berbagai Browser

Ternyata ada banyak faktor ya, yang membuat tampilan website berbeda saat dikunjungi dari beberapa browser. Lantas apakah ada tips untuk memastikan tampilan website berbeda saat diakses di berbagai browser ? Tentu saja ada.

Berikut ini tips untuk memastikan tampilan website tetap konsisten di berbagai browser;

1. Ikuti Standar Web

Pastikan Anda selalu mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) saat bekerja dengan code HTML, CSS, dan Javascript supaya tampilan website dapat konsisten saat dikunjungi di berbagai browser.

2. Gunakan Reset CSS

Disarankan menggunakan file reset CSS seperti Eric Meyer’s CSS Reset atau Normalize.css supaya dapat dipastikan bahwa semua elemen HTML memiliki tampilan yang konsisten di berbagai browser.

Cara ini membantu mengatasi perbedaan default styling di berbagai browser.

3. Gunakan Framework CSS

Framework CSS sangat membantu untuk membuat tampilan website bisa konsisten di berbagai browser. Tak perlu melakukan riset, Anda tinggal pakai dan memaksimalkan sesuai yang disediakan oleh Framework CSS. Bootstrap, Bulma, PureCSS adalah beberapa framework CSS yang banyak digunakan saat ini.

4. Uji tampilan website di Lintas Browser

Lakukan pengujian tampilan website di berbagai browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Microsoft Edge, serta versi yang berbeda dari masing-masing browser tersebut.

5. Responsive Design

Buat tampilan yang responsive. Ini artinya, tampilan website Anda akan menyesuaikan layar dan perangkat sehingga website bisa diakses dengan baik di berbagai perangkat.

6. Hindari Fitur Yang Tidak didukung

Jangan menggunakan fitur teknologi tertentu yang belum didukung di banyak browser.

7. Debugging dan Inspeksi

Apabila ada tampilan yang tidak sesuai, Anda bisa menggunakan fitur inspeksi browser atau yang biasa dikenal dengan inspect element.

Demikian penjelasan kami terkait mengapa tampilan website berbeda bila diakses dibeberapa browser. Sekarang Anda sudah tahu penyebabnya. Ini saatnya Anda membuat website dengan tampilan yang lebih profesional dengan mengikuti penjelasan kami tadi. 

Untuk Anda yang tidak punya waktu untuk membuat website, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan layanan terima jadi dari Rumahweb.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah
VPS Alibaba

Rumahweb