Rumahweb Journal
Banner - Apa itu NPM adalah - Pengertian, Cara kerja dan Cara Installnya

Apa itu NPM? Pengertian, Cara kerja dan Cara Installnya

NPM adalah singkatan dari Node Package Manager dari Framework NodeJS yang sering digunakan oleh developer website dalam membuat sebuah project. Pada panduan ini, kami akan membahas tentang apa itu NPM, Cara kerja hingga cara install NPM.

Apa itu NPM ?

Menurut official website dari NPM, NPM adalah management paket yang dikembangkan spesial awalnya untuk project NodeJS. Perusahaan di belakang NPM adalah Npm.inc . Jadi secara sederhana bisa disimpulkan bahwa NPM adalah sejenis tools untuk melakukan pengelolaan paket untuk NodeJS.

Jika anda kurang memahami NPM di NodeJS, mungkin anda dapat membayangkan terlebih dahulu paket manager dari pemrograman PHP yaitu Composer, Spark, Fushion-CLI dll.

Pada dasarnya, paket manager dari PHP dan Node Package Manager memiliki jenis yang sama, namun yang membedakan adalah NPM ini hanya diperuntukan untuk Nodejs.

Bagaimana cara kerja NPM ?

90% developer NodeJS menggunakan NPM sebagai pilihan paket manager untuk project mereka. Para developer yang mengembangkan tools, plugin, library, module untuk membantu memperkaya ekosistem NodeJS akan mengupload project mereka di npm archive repository https://www.npmjs.com/package/package.

Setelah tools, plugin, library, module di publish ke archive repository nantinya kita sebagai end user atau developer system yang menggunakan NodeJS bisa secara bebas mendownload dan menggunakan paket paket tersebut dari NPM-CLI setelah kita menginstall NPM di development environment.

Cara Install module/package melalui NPM

Proses install module melalui NPM sangatlah mudah dan singkat. Untuk langkah awal install NPM, silahkan anda mempelajari dokumentasi dari official npm website berikut ini : https://docs.npmjs.com/getting-started.

Format command instalasi module di npm seperti ini “npm install nama_module”. Lalu sesuaikan nama module Nodejs yang akan digunakan.

Cara Install module NPM

Setelah menjalankan command tersebut, system npm akan mendownload paket dari npmjs.com/package/package secara otomatis. Paket yang sudah di download dapat dilihat dalam folder “node_modules”.

node_modules

Sampai tahap ini, proses intall module paket Nodejs menggunakan NPM telah selesai. Selanjutnya anda tinggal melakukan import pemanggilan module tersebut melalui script Nodejs yang dibuat. Contoh pemanggilan node modules di script nodeJS sebagai berikut :

node modules di script nodeJS

Contoh Project NPM

90% website yang dibuat dengan NodeJS menggunakan NPM sebagai paket managernya. Jadi dapat dipastikan bahwa modul-modul yang digunakan pada aplikasi NodeJS dibuat dengan memanfaatkan NPM.

Sebagai contoh, anda dapat mencari di GitHub tentang model NPM. Saat ini banyak sekali ditemukan contoh-contoh project NodeJS yang di share di GitHub, salah satunya adalah project berikut : contoh project NPM.

Contoh Project NPM

Project tersebut kami buat dan kami kembangkan menggunakan framework React Native untuk aplikasi hi-bird Android dan IOS. Anda dapat mendownload dan menggunakan project tersebut sebagai salah satu referensi.

Penutup

NPM adalah singkatan dari Node Package Manager, yang merupakan paket manager yang digunakan pada Framework NodeJS. NPM dikembangkan oleh banyak developer sebagai salah satu usaha untuk memperkaya ekosistem NodeJS. Anda dapat melihat banyak sekali tools, plugin, library hingga module NPM melalui archive repository.

Pada panduan ini, kami hanya sedikit membahas mengenai teknologi NPM, karena memang pembahasan tentang NPM sangat banyak dan kompleks. Namun anda bisa mempelajari dokumentasi NPM secara lengkap melalui https://docs.npmjs.com/.

Tidak ketinggalan kami informasikan juga bahwa NodeJS dan NPM ini telah terinstal secara otomatis di dalam layanan Shared hosting dan Cloud Hosting Rumahweb. Sehingga anda tidak perlu repot untuk melakukan instalasi NodeJS dan NPM lagi secara manual.

Demikian pembahasan kami tentang apa itu NPM dari Rumahweb, semoga dapat menambah wawasan dan referensi anda semua.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Benny Eko Priharyanto