Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
open graph Melakukan backup terminate dan restore melalui SSH

Melakukan Backup, Terminate dan Restore Akun di cPanel Menggunakan SSH/Command Line

Bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan command line/ssh, untuk melakukan backup, terminate atau restore akun pada VPS dengan cPanel, dapat dilakukan dengan relatif lebih cepat menggunakan command line/ssh. Untuk mengetahui bagaimana melakukan koneksi SSH ke VPS, silahkan mempelajari panduan di halaman Melakukan Koneksi SSH Menggunakan Putty. Berikut detail perintah yang digunakan.

Untuk melakukan backup, dapat menggunakan perintah:

/scripts/pkgacct [nama username cPanel]

Secara default, backup cPanel akan dibuat pada folder /home vps/server. Backup yang dibuat akan dalam berbentuk: cpmove- [nama username cPanel].tar.gz. Format ini berbeda dengan backup melalui menu backup yang ada pada masing-masing akun cPanel seperti pada panduan di halaman cPanel: Backup Data Anda. Dimana pada backup tersebut akan terletak pada folder home masing-masing akun dan dalam bentuk format backup-[tanggal backup]_[jam backup]_[nama username cPanel]tar.gz.

Salah satu tips untuk memastikan bahwa backup yang dibuat tidak error/korup, maka dapat dilakukan pengecekan menggunakan perintah tar ztvf [nama file backup]. Jika nama file backup adalah /home/cpmove-felix123.tar.gz, maka perintah yang digunakan adalah tar ztvf /home/cpmove-felix123.tar.gz. Jika file backup tidak error/korup, maka tidak akan muncul pesan error pada akhir perintah.

Berikut adalah contoh pengecekan file yang tidak mengalami error:

Sedangkan untuk melakukan restore data backup, dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut:

/scripts/restorepkg [nama file backup]

Jika nama file backup ada pada /home/cpmove- [nama username cPanel].tar.gz, maka yang dijalankan adalah perintah /scripts/restorepkg /home/cpmove- [nama username cPanel].tar.gz .

Sedangkan untuk melakukan terminate atau penghapusan akun cPanel, dapat menggunakan perintah berikut:

/scripts/removeacct [nama username cPanel]

Sebelum melakukan terminate, rekomendasi kami adalah melakukan backup terlebih dahulu akun cPanel yang ingin dihapuskan.

Demikian tutorial melakukan backup, terminate dan restore akun di cPanel menggunakan SSH/command line dari Rumahweb. Semoga dengan membaca artikel ini lebih memudahkan Anda dalam mengelola VPS nya menggunakan SSH. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Komentar

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.

Blog Competition