Melakukan Backup, Terminate dan Restore Akun di cPanel Menggunakan SSH/Command Line

Bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan command line/ssh, untuk melakukan backup, terminate atau restore akun pada VPS dengan cPanel, dapat dilakukan dengan relatif lebih cepat menggunakan command line/ssh. Untuk mengetahui bagaimana melakukan koneksi SSH ke VPS, silahkan mempelajari panduan di halaman Melakukan Koneksi SSH Menggunakan Putty. Berikut detail perintah yang digunakan.

Untuk melakukan backup, dapat menggunakan perintah:

/scripts/pkgacct [nama username cPanel]

Secara default, backup cPanel akan dibuat pada folder /home vps/server. Backup yang dibuat akan dalam berbentuk: cpmove- [nama username cPanel].tar.gz. Format ini berbeda dengan backup melalui menu backup yang ada pada masing-masing akun cPanel seperti pada panduan di halaman cPanel: Backup Data Anda. Dimana pada backup tersebut akan terletak pada folder home masing-masing akun dan dalam bentuk format backup-[tanggal backup]_[jam backup]_[nama username cPanel]tar.gz.

Salah satu tips untuk memastikan bahwa backup yang dibuat tidak error/korup, maka dapat dilakukan pengecekan menggunakan perintah tar ztvf [nama file backup]. Jika nama file backup adalah /home/cpmove-felix123.tar.gz, maka perintah yang digunakan adalah tar ztvf /home/cpmove-felix123.tar.gz. Jika file backup tidak error/korup, maka tidak akan muncul pesan error pada akhir perintah.

Berikut adalah contoh pengecekan file yang tidak mengalami error:

Sedangkan untuk melakukan restore data backup, dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut:

/scripts/restorepkg [nama file backup]

Jika nama file backup ada pada /home/cpmove- [nama username cPanel].tar.gz, maka yang dijalankan adalah perintah /scripts/restorepkg /home/cpmove- [nama username cPanel].tar.gz .

Sedangkan untuk melakukan terminate atau penghapusan akun cPanel, dapat menggunakan perintah berikut:

/scripts/removeacct [nama username cPanel]

Sebelum melakukan terminate, rekomendasi kami adalah melakukan backup terlebih dahulu akun cPanel yang ingin dihapuskan.

Demikian tutorial melakukan backup, terminate dan restore akun di cPanel menggunakan SSH/command line dari Rumahweb. Semoga dengan membaca artikel ini lebih memudahkan Anda dalam mengelola VPS nya menggunakan SSH. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Komentar