Rumahweb Journal
Banner - Cara Uninstall Joomla di cPanel Melalui Softaculous

Cara Uninstall Joomla di cPanel Melalui Softaculous

Setelah mengetahui cara install Joomla di cPanel, dalam artikel ini kami akan berbagi cara uninstall Joomla di Softaculous cPanel secara mudah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Joomla adalah salah satu CMS atau content management system yang dapat membantu kita untuk membuat website secara instan. Dengan Joomla, membuat website terasa gampang dan cepat, karena hanya membutuhkan beberapa klik saja.

Namun ada beberapa user yang merasa Joomla bukan platform yang tepat untuk kebutuhannya. Entah karena dokumentasi yang kurang lengkap hingga susah dalam mengelolanya, hingga tidak ada template yang diinginkan atau alasan lainnya.

Bagi Anda yang kurang cocok dengan Joomla namun ingin mengganti ke CMS lain, pelajari cara uninstall Joomla di cPanel berikut ini.

Kenapa perlu uninstall Joomla?

Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan seseorang menghapus atau menguninstall Joomla dari situs web mereka. Beberapa penyebab umumnya meliputi:

1. Pindah ke platform lain atau tidak cocok

Situasi atau kebutuhan bisnis dapat berubah seiring waktu, dan Joomla mungkin tidak lagi relevan atau cocok untuk kebutuhan saat ini. Mungkin ada platform atau sistem manajemen konten lain yang lebih sesuai atau lebih disukai.

2. Keterbatasan fungsionalitas

Meskipun Joomla adalah CMS yang kuat dan fleksibel, mungkin ada kebutuhan spesifik yang tidak dapat dipenuhi oleh Joomla atau membutuhkan pengembangan khusus yang rumit.

Dalam beberapa kasus, menggunakan platform atau solusi yang lebih spesifik atau khusus dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

3. Kompleksitas dan pengelolaan yang sulit

Beberapa pengguna mungkin mengalami kesulitan dalam mengelola Joomla, terutama jika mereka tidak memiliki latar belakang teknis yang mendalam.

Pengoperasian dan pemeliharaan Joomla dapat membutuhkan waktu dan upaya yang signifikan, terutama jika situs web tersebut memiliki skala atau kompleksitas yang tinggi.

Pada panduan kali ini, Kami akan berbagi cara uninstal Joomla di cPanel melalui menu softaculous.

Cara Uninstall Joomla di cPanel

Sebelum menghapus instalasi Joomla, disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu, backup tersebut bisa digunakan sebagai arsip apabila sewaktu waktu diperlukan, Anda dapat merestore backup tersebut ke hosting. 

Setelah melakukan dan menyimpan backup,  Anda bisa mulai mengikuti langkah-langkah berikut untuk uninstal joomlanya : 

  1. Langkah pertama, Login ke cpanel.
  2. Kemudian, cari menu Softaculous.
Menu softaculous di cpanel
  1. Klik all installation untuk melihat list installasi yang sebelumnya sudah di lakukan di softaculous.
List instalasi yang di lakukan di softaculous
  1. Klik tombol remove/hapus pada instalasi joomla yang akan di hapus.
Menghapus joomla dari softaculous
  1. Selanjutnya akan muncul informasi dari instalasi joomla yang akan di hapus, scroll kebawah hingga menemukan tombol “remove instalasi “ lalu Klik delete.
Cara uninstall joomla di cPanel

Tunggu hingga proses uninstall Joomla selesai. Setelah selesai, silahkan coba akses domain Anda untuk memastikan bahwa proses uninstall telah selesai.

Demikian cara uninstal Joomla melalui softaculous cPanel, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Rizki Nur Safitri