Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Core Adalah

Apa itu Core? Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Pernahkah Anda mendengar istilah core? Secara sederhana, core adalah komponen utama atau inti dalam sebuah proses komputerisasi. Lalu apa sebenarnya core dan contohnya dalam Hosting maupun server?

Apa itu Core?

Core adalah komponen inti dari sebuah CPU di komputer yang bertugas untuk memproses data dan instruksi yang diterima. Core pada sebuah CPU bisa berjumlah single core dan multicore. Single core artinya dalam CPU hanya memiliki satu core, sedangkan yang dimaksud dengan multi core artinya pada CPU tersebut memiliki lebih dari satu core.

Semakin banyak core pada sebuah CPU maka jumlah proses yang dapat dikerjakan dalkam satu waktu juga akan semakin banyak, sehingga membuat kinerja CPU lebih maksimal. Namun jumlah core bukan satu-satunya komponen yang menentukan kecepoatan proises dari sebuah CPU.

Apa itu core pada CPU Hosting atau VPS

Core tidak hanya ditemui pada perangkat komputer saja, namun core juga ditemui di perangkat yang bersifat virtual seperti hosting atau VPS. Sesuai bentuk perangkatnya yang virtual, maka bentuk dari CPU dan core pada hosting atau VPS juga bersifat virtual. CPU pada Hosting atau VPS biasa disebut VCPU atau Vcore.

Vcore pada perangkat virtual dalam hal ini VPS atau hosting adalah alokasi resource pemrosesan CPU virtual yang diberikan kepada perangkat virtual tertentu. Alokasi rsource tersebut akan mengambil dari core pada sisi hardware dimana perangkat virtual tersebut dibuat.

Sebuah VPS biasanya dapat memiliki sejumlah Vcore tertentu yang menentukan seberapa banyak pemrosesan CPU yang dapat digunakan oleh VPS tersebut. Semakin banyak Vcore yang dialokasikan, semakin banyak pemrosesan CPU yang dapat digunakan oleh VPS secara bersamaan.

Sedangkan apabila pada hosting Vcore atau Vcpu akan berupa jumlah misal 100 yang dimana nilainya akan sama dengan 1 core. Pada hosting dengan cloudlinux dan cPanel jumlah core bisa dilihat di sidebar kanan cPanel sesuai screenshot berikut:

core pada hosting

Fungsi core

Sesuai penjelasan diatas, secara garis besar fungsi dari core adalah untuk melakukan ekseskusi proses atau instruksi yang dikirimkan ke CPU. Berikut beberapa fungsi dari core:

  • Eksekusi Instruksi: Core bertugas menjalankan instruksi-instruksi dari perangkat lunak yang dijalankan pada komputer. Ini mencakup berbagai jenis instruksi seperti operasi aritmatika maupun logika.
  • Pemrosesan Data: Core melakukan pemrosesan data, termasuk perhitungan matematika, manipulasi data, dan pengolahan informasi secara umum. Core juga berperan melakukan tugas-tugas seperti rendering grafis, pengkodean video, dan komputasi ilmiah.
  • Manajemen Tugas: Core juga dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola tugas-tugas yang dijalankan pada komputer. Hal ini mencakup penjadwalan tugas, pengendalian akses ke sumber daya komputer, dan manajemen memori.
  • Kinerja dan Kecepatan: Jumlah core pada CPU mempengaruhi kinerja komputer. CPU multi-core dapat menjalankan beberapa tugas secara paralel, meningkatkan kecepatan dan kemampuan multitasking komputer.
  • Efisiensi Energi: Beberapa CPU core dirancang untuk mengelola daya dengan efisien, mengubah frekuensi dan konsumsi daya berdasarkan beban kerja. Ini membantu menghemat energi dan mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer.
  • Kecerdasan Buatan (AI): Pada era modern seperti saat ini core juga digunakan untuk menjalankan algoritma kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin. Core yang dirancang khusus untuk tugas ini dapat meningkatkan kinerja dalam pengolahan data AI yang bisa dikatakan bersifat sangat kompleks.

Cara kerja core

Secara garis besar cara kerja core berdasar pada prinsip pemrosesan sebuah instruksi yang diolah dengan cepat. Secara singkat cara kerja sebuah core pada CPU adalah menerima intruksi yang diberikan dari perangkat input seperti keyboard atau mouse.

Setelah instruksi diberikan, instruksi akan diteruskan ke Control Unit (CU) atau Artimatic and Logical Unit (ALU). kemudian hasil eksekusi instruksi akan disimpan dalam memory, untuk kemudian selanjutnya akan dikirimkan ke perangkat output.

Berikut runtutan cara kerja sebuah core pada CPU dalam melakukan pemrosesan sebuah instruksi.

  1. Pengambilan Instruksi (Fetch):
    Langkah pertama dari core saat bekerja adalah Core pada CPU akan mulai dengan mengambil instruksi dari memori utama (RAM). Alamat instruksi yang akan dieksekusi disimpan dalam program counter.
  2. Dekode Instruksi (Decode):
    Setelah instruksi diambil, core CPU akan mendekode instruksi tersebut. Pada tahap ini core akan menetukan jenis instruksi dan operasi yang diperlukan.
  3. Eksekusi Instruksi (Execute):
    Setelah instruksi didekode, core CPU akan mulai menjalankan instruksi tersebut. Ini bisa berupa operasi aritmatika seperti penjumlahan atau pengurangan, operasi logika seperti perbandingan, atau operasi lainnya sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  4. Penyimpanan Hasil (Write Back):
    Setelah hasil dari eksekusi didadapatkan, hasil tersebut disimpan kembali ke registernya atau ke memori jika diperlukan. Hasil ini nantinya dapat digunakan untuk instruksi berikutnya ataupun bisa juga digunakan dalam perhitungan yang lebih lanjut.
  5. Perulangan (Repeat):
    Proses di atas berulang secara terus menerus untuk setiap instruksi dalam program yang sedang dijalankan oleh CPU. Program counter ditingkatkan setelah setiap instruksi sehingga CPU tahu instruksi mana yang harus diambil selanjutnya.
  6. Kontrol Aliran Program (Control Flow):
    Core CPU juga akan mengatur aliran program, termasuk pernyataan percabangan (seperti if-else) dan perulangan (seperti loop). Ini memungkinkan CPU untuk menjalankan perangkat lunak sesuai dengan fungsi dan instruksi yang digunakan.

Contoh core pada CPU

Contoh core pada CPU sudah sering kita dengar, diantaranya sebagai berikut:

  • Dual core
    Dual core adalah sebutan untuk CPU yang memiliki dua buah core.
  • Quad core
    Sesuai namanya, quad core adalah CPU yang memiliki 4 buah core.
  • Hexa core
    Hexa core adalah perangkat CPU yang memiliki 6 buah core.
  • Octa core
    Octa core adalh jumlah core yang dimiliki adalah 8 buah coredalam sebuah CPU.

Demikian artikel kami tentang apa itu Core hingga contoh core pada CPU, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.