Rumahweb Journal
og ssl rumahweb

Cara Install SSL di cPanel

Sebuah website yang baik di dukung dengan berbagai komponen seperti kecepatan, tampilan yang menarik hingga keamanan. Saat ini, keamanan pada website tidak hanya digunakan untuk mengamankan data pada website saja, melainkan juga berpengaruh pada hasil pencarian di search engine. Kali ini, Rumahweb akan berbagi cara install SSL di cPanel dengan sertifikat SSL berbayar.

Sebelum memulai install SSL di cPanel, ada baiknya kita memahami apa itu SSL dan cara kerja SSL seperti apa. Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu SSL?

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, merupakan komponen penting yang harus dimiliki website. Dengan menggunakan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Saat ini browser seperti Google Chrome akan menandai website yang tidak menggunakan SSL (akses melalui HTTP) akan dianggap not secure (tidak aman).

Cara Kerja SSL

Secara sederhana sertifikat SSL mengamankan proses transportasi pengiriman data antara web server dengan web browser (klien) dan pertukaran data antara server dengan server.

Saat terjadi pertukaran data, SSL menggunakan algoritma yang terenkripsi. Cara kerja SSL berkaitan dengan public key dan private key sebagai enkripsi dan dekripsi proses transportasi data.

Pertukaran data yang dimaksud seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, transaksi online akan dienkripsi agar tidak dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Secara garis besar hanya ada tiga 3 tahapan penting yakni Handshake Protocol, Record Protocol dan Alert Protocol.

Handshake Protocol, yaitu kegiatan negosiasi algoritma enkripsi (chipper) serta otentikasi server. Sertifikat SSL akan menggunakan kriptografi simetris yang akan melakukan negosiasi kunci untuk mengenkripsi data selama kegiatan transmisi data. Client akan membentuk koneksi awal ke server dengan melakukan akses website Anda dan meminta koneksi sertifikat SSL.

Record Protocol, terjadi kegiatan enkripsi semua transmisi data. Protokol ini menyediakan rekaman message digest, digital signature, versi, jenis dan panjang data yang dikirimkan. Jika server yang dihubungi terkonfigurasi dengan benar maka server akan memberikan public key pada client sehingga terjadi proses validasi antara client dan server.

Alert Protocol, saat proses pertukaran data terdapat kesalahan atau error maka server akan mengirimkan peringatan error. Ada 3 macam tanda yang akan disampaikan yakni peringatan, kritis dan fatal. Apabila pesan yang diterima berupa peringatan atau kritis, maka sesi dapat dibatasi sesuai kebutuhan, namun jika pesan yang diterima berupa fatal maka sesi akan dihentikan. Disinilah website Anda dapat diakses tanpa adanya warning “tidak aman” dimana setiap aktivitas transmisi data sudah terenkrip dan aman untuk dilanjutkan.

Cara Install SSL

Setelah sertifikat SSL Anda terbit, selanjutnya Anda bisa melakukan instalasi SSL di server yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan layanan shared hosting, cloud hosting atau unlimited hosting di Rumahweb, maka install SSL bisa dilakukan melalui cPanel.

Berikut kami sampaikan cara install SSL di cPanel Rumahweb :

1. Login ke cPanel.

2. Masuk ke menu ‘SSL/TLS’  pada cPanel.

menu ssl dan tls di cpanel

3. Masuk ke ‘Install and Manage SSL for your site (HTTPS)‘ klik ‘Manage SSL sites.’ di dalam menu ‘SSL/TLS’.

menu sertifikat ssl di cpanel

4. Lalu silahkan paste isi certificate SSL Anda pada kolom “Upload a New Certificate”.

Bagi Anda yang memesan SSL berbayar di Rumahweb, informasi sertifikat SSL bisa Anda temukan di Clientzone Rumahweb pada menu Service > My Service > Klik tombol aktif berwarna hijau pada SSL yang Anda pesan > Manage SSL. Lalu download file Cert.509X.

cara upload sertifikat ssl di cpanel

5. Setelah itu, silahkan klik link Install di menu “action” dan lanjutkan instalasinya

cara install ssl di cpanel

6. Jika certificate yang diinput sudah benar, Langkah selanjutnya klik tombol ‘Autofill by Certificate‘ yang ada pada sisi sebelah kolom domain.

klik link install

7. Langkah terakhir adalah klik tombol ‘Install Certificate‘.

Sampai tahap ini, install SSL telah selesai. Anda bisa mencoba akses nama domain dengan link HTTPS untuk melakukan test. Jika instalasi berhasil, akan muncul informasi seperti berikut :

hasil test akses ssl pada website

Demikian panduan installasi SSL di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rumahweb