Rumahweb Journal
Cara-Migrasi-Account-cPanel-Antar-VPS

Cara Migrasi Account cPanel Antar VPS

cPanel memiliki fitur transfer tool yang dapat digunakan untuk memindahkan account cPanel antar VPS. Dengan fitur ini, proses migrasi account cPanel antar VPS akan semakin mudah dan cepat.

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan tentang fitur transfer tools serta cara migrasi account cPanel antar VPS. Berikut informasi selengkapnya.

Fitur Transfer Tools

Transfer Tools adalah fitur di WHM yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan akun cPanel beserta pengaturannya, dari satu VPS ke VPS lainnya. Tidak hanya digunakan untuk migrasi account cPanel to cPanel, namun tools ini juga bisa digunakan untuk migrasi dari Plesk ke cPanel.

Proses migrasi dapat dilakukan untuk satu account hingga beberapa account cPanel sekaligus. Karenanya dengan transfer tools ini, proses migrasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Untuk bisa menggunakan fitur Transfer tools, Anda harus mengetahui username dan password root VPS lama. Selain user root, Anda juga bisa menggunakan user cPanel yang memiliki hak akses root (su / sudo) untuk proses migrate account tertentu, jika Anda menggunakan user dengan opsi su diharuskan untuk mengisi password root VPS lama agar proses migrasi dapat dijalankan.

Cara Migrasi Account cPanel

Pada panduan ini, kami akan memberikan cara migrasi account cPanel to cPanel. Artinya, VPS Lama dan VPS baru sama-sama menggunakan lisensi cPanel. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Login ke WHM VPS Baru
  2. Klik menu Transfer Tool dari kolom pencarian di sebelah kanan atas seperti gambar berikut ini.
fitur transfer tools
  1. Setelah masuk ke halaman Transfer tools, Anda dapat mengisikan IP / Hostname beserta detail login VPS Lama yang digunakan.
mengisi kelengkapan migrasi account cPanel

Keterangan :

  • Remote Server Address : Isikan IP / Hostname VPS lamanya. Jika menggunakan hostname, pastikan hostname tersebut masih aktif dan mengarah ke VPS lama.
  • Remote SSH Port : Isikan port SSH VPS lamanya.
  • Authentication : Silahkan dapat dipilih password (default).
migrasi account cPanel
  • Root Password : isikan dengan password root VPS lamanya. Jika menggunakan user cPanel, silahkan isi password user yang akan dimigrasikan beserta informasi password root akses ke VPS lamanya.
  • Restricted Restore : Fitur ini memungkinkan sistem melakukan pemeriksaan keamanan ekstra pada file arsip. Jika bagian dari file memiliki masalah keamanan, sistem tidak akan memulihkan bagian dari file arsip tersebut. Ini membantu mengurangi risiko transfer dari sumber yang tidak dikenal.
  1. Setelah itu cukup klik “Scan Remote Server” untuk melakukan koneksi dan memeriksa account yang ada di VPS lama dan ingin dimigrasikan.
informasi account cpanel
  1. Checklist pada account yang akan dilakukan migrasi dan kemudian klik tombol copy dan tunggu proses migrasi account selesai dilakukan.
remote root account transfer cPanel
  1. Jika sudah muncul seperti gambar diatas, artinya proses transfer sudah selesai dilakukan. Namun ada kalanya proses migrasi selesai dengan warning seperti gambar berikut.
migrasi account cpanel complete
  1. Adapun jika muncul tanda kuning, artinya terdapat beberapa warning / peringatan terkait migrasinya. Anda bisa cek log dan perhatikan informasi peringatan yang muncul pada keterangan tersebut.

Bagaimana, mudah bukan melakukan migrasi account cPanel di VPS dengan fitur transfer tools? Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk melakukan migrate cPanel to cPanel di VPS. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Afiandhi Risky