Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Map di Laravel Melalui OpenStreetMap

Cara Membuat Map di Laravel Melalui OpenStreetMap

Laravel adalah framework PHP yang populer di kalangan developer karena berbagai keunggulannya. Framework Laravel menawarkan berbagai fitur yang dapat mempercepat dan mempermudah proses pengembangan web, salah satunya adalah integrasi map atau peta. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara membuat map di Laravel dengan OpenStreetMap.

Maps pada website berfungsi sebagai informasi lokasi perusahaan, atau informasi lokasi acara yang berkaitan dengan tema website Anda.

Ada beberapa penyedia map yang dapat Anda gunakan sebagai widget pada Laravel, sebut saja seperti Google Maps dan OpenStreetMap. Integrasi Google maps ke laravel membutuhkan akses API, sedangkan OpenStreetMap lebih banyak digunakan oleh para developer karena tersedianya fitur untuk menyesuaikan koordinat lokasi agar lebih akurat.

Pada panduan kali ini, Rumahweb akan memberikan panduan cara membuat map di laravel menggunakan OpenStreetMap. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu OpenStreetMap untuk memudahkan Anda dalam memahami artikel ini. Simak informasi berikut ini.

Apa itu OpenStreetMap?

OpenStreetMap adalah peta digital berbasis open source yang dapat digunakan dan diakses oleh siapa saja, termasuk untuk menciptakan alamat peta baru seperti lokasi kantor, event, bahkan bencana alam.

Layanan peta digital OpenStreetMap menggunakan lisensi ODbL, yang memungkinkan penggunaan data OSM secara bebas tanpa biaya, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan masalah hak cipta.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Membuat Map di Laravel

Membuat map di Laravel dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui API Google Maps hingga menggunakan OpenStreetMap yang tidak membutuhkan akses API, hanya mengetahui nilai latitude/longitude dan library Leaflet.

Dalam artikel ini, kami memilih untuk menggunakan opsi OpenStreetMap karena kemudahan integrasinya. Ikuti langkah-langkah berikut.

Step 1. Buat view Map

Bagi Anda yang sudah memiliki project laravel, silahkan tambahkan view menggunakan perintah berikut:

php artisan make:view maps
Langkah 1. Buat view Map

Berikut isi dari file maps.blade.php: Lihat text

Step 2. Buat Controller Map

Setelah membuat view map, selanjutnya Anda perlu membuat controller dengan perintah dibawah:

php artisan make:controller MapController
Langkah 2. Buat Controller Map

Berikut isi dari file MapController.php: lihat text

Dalam script yang kami lampirkan diatas, berikut adalah beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan.

Dalam script yang kami lampirkan diatas, berikut adalah beberapa bagian yang perlu Anda ketahui.
Position: Lokasi yang memanfaatkan Latitude dan Longitude maps, dari hasil pencarian
  • draggable: fungsi yang memungkinkan Anda drag/drop titik lokasi dalam map. Jika hasilnya true maka titik lokasi dapat dipindahkan, sedangkan false menjadikan titik lokasi menjadi statik.

Step 3. Menambah Route

Langkah ini merupakan bagian akhir dari cara membuat map di laravel. Langkahnya, Anda perlu menambahkan route baru yang akan diarahkan ke view map tersebut. Silahkan edit file routes/web.php dan tambahkan perintah berikut:

use App\Http\Controllers\MapController;
Route::get('/map', [MapController::class, 'index']);
Langkah 3. Menambah Route

Setelah semua langkah diatas selesai diterapkan dengan benar, Anda dapat mencoba akses halaman map dari namadomainAnda/map pada browser. Jika berhasil, maka akan tampil seperti peta atau gambar seperti di bawah ini.

Sampai tahap ini, proses membuat map atau peta di laravel telah selesai. Diharapkan dengan penambahan peta tersebut, pengunjung website Anda akan semakin mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Demikian artikel kami tentang cara membuat map di Laravel. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat map di laravel sekarang?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Fredric Lesomar

I am an ameteur programer and cybersecurity enthusiast. Love much, mother Python language, machine learning and You!

banner Pop Up - Hosting 99K