Rumahweb Journal
Banner - AccelerateWP Adalah - Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya

AccelerateWP: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya

AccelerateWP adalah salah satu fitur dari LiteSpeed yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja web menggunakan platform WordPress. Lalu, bagaimana cara kerjanya dan cara menggunakannya di hosting? Simak informasi berikut ini.

Kecepatan loading website menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap peringkat SEO, maupun jumlah pengunjung pada website. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website terutama yang dibuat dengan CMS WordPress.

Anda bisa melakukan optimasi menggunakan plugin cache, compression file image atau Javascript dan CSS, hingga dari sisi hosting dengan fitur AcceleratorWP.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu AccelerateWP, fitur, dan cara menggunakannya di hosting Rumahweb.

Apa itu AccelerateWP

AccelerateWP adalah tools yang disediakan oleh CloudLinux yang berfungsi untuk mengoptimasi website berbasis WordPress. AccelerateWP memiliki fitur Advice yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi, apakah terdapat Issue pada WordPress yang dikelola, dan akan membantu untuk mengatasinya dalam beberapa langkah.

Fitur AccelerateWP dirancang untuk mempercepat waktu muat halaman (page load), mengurangi beban server, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Karenanya bagi Anda yang merasakan website WordPress Anda cenderung lambat atau tidak memenuhi Core Web Vitals, AccelerateWP menjadi salah satu solusi terbaik.

BACA JUGA : Cara Mengaktifkan Redis Object Cache Pada WordPress

Fitur AccelerateWP

Sesuai yang dijelaskan diatas mengenai Apa itu AccelerateWP. Fungsi utama dari tools AccelerateWP adalah untuk melakukan optimasi website berbasis CMS WordPress.

Adapun detail fitur yang disediakan AccelerateWP antara lain,

  • Site Caching
  • Optimasi Website dengan penyesuaian pada CSS ataupun Javascript pada Website
  • Optimasi Konten pada Website seperti Lazyload gambar, video
  • SmartAdvice, mendeteksi issue apa saja pada WordPress yang dapat mempengaruhi performa Website dan melakukan optimasi dari issue tersebut.

Dukungan AccelerateWP di Rumahweb

Fitur AccelerateWP telah tersedia di hampir semua paket hosting di Rumahweb. Pada layanan Shared Hosting, fitur ini mulai tersedia di paket Medium dan Large. Sedangkan pada paket Unlimited hosting, fitur ini tersedia pada paket Grow dan Bloom.

Selain itu, fitur ini telah tersedia di semua layanan Cloud Hosting, WordPress Hosting (cPanel) dan semua hosting yang telah menggunakan Web Accelerator.

Cara Mengaktifkan AccelerateWP di cPanel

Setelah mengetahui penjelasan dan fungsi AccelerateWP, selanjutnya kami akan menjelaskan cara untuk mengaktifkan AccelerateWP di cPanel. Berikut langkah-langkahnya.

Step 1. Mengaktifkan AccelerateWP

  1. Login ke cPanel hosting.
  2. Akses ke menu AccelerateWP seperti gambar berikut,
Mengaktifkan AccelerateWP cpanel
  1. Selanjutnya akan tampil list domain yang memiliki Instalasi WordPress. Silahkan Anda pilih Logo Gear pada Instalasi WordPress di domain yang ingin diaktifkan AccelerateWP nya.
aktivsai AccelerateWP
  1. Setelah itu akan tampil popup, silahkan Anda klik pada toogle switch AccelerateWP untuk mengaktifkan.
Mengaktifkan AccelerateWP di cPanel

Step 2. Periksa Status AccelerateWP

Setelah selesai mengaktifkan AccelereateWP, status pada instalasi WordPress akan berubah menjadi Active seperti gambar berikut.

AccelerateWP sudah aktif di cPanel

Selain itu, AccelerateWP akan otomatis melakukan instalasi Plugin AccelerateWP yang dapat Anda akses melalui Dashboard WordPress di menu Settings > AccelerateWP. Berikut tampilannya:

Plugin AccelerateWP aktif

Cara Optimasi AccelerateWP di WordPress

Setelah berhasil mengaktifkan AccelerateWP di WordPress, secara default AccelerateWP akan load config preload untuk melakukan optimasi secara otomatis, sehingga fungsi seperti cache pada website sudah aktif.

Namun pada tahapan ini Rumahweb akan menjelaskan juga fitur yang ada pada plugin AccelerateWP, dan juga cara optimasi AccelerateWP di WordPress.

Untuk akses ke Plugin AccelerateWP dapat dilakukan melalui menu Settings > AccelerateWP.

Cache

Berikut adalah detail opsi pada halaman Cache di Plugin AccelerateWP,

  • Enable Caching for Mobile Device : Aktifkan fitur ini untuk mengaktifkan cache pada saat diakses dari Smartphone
  • Separate Cache File mobile device : Jika Website yang Anda kelola memiliki tampilan mobile sendiri seperti menggunakan AMP, silahkan Anda aktifkan opsi ini
  • Enable caching for logger-in WordPress user : Opsi ini berfungsi untuk mengaktifkan cache pada user yang Log-In ke Website.
  • Cache lifespan : Digunakan untuk menentukan jangka waktu cache website Anda akan disimpan. Nilai defaultnya adalah 10 Jam, dan Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.
Fitur Cache di AccelerateWP

File Optimization

Fitur File Optimization ini berfungsi untuk mengatur bagaimana CSS dan Javascript pada website akan di load.

  • Minify CSS Files : Aktifkan. Opti ini berfungsi untuk menghapus baris kosong, ataupun comment yang ada pada CSS untuk mengurangi ukuran file CSS.
  • Combile CSS Files : Opsional. Opsi ini berfungsi untuk mengkombinasi beberapa file css pada website menjadi satu file, dan untuk mengurangi HTTP Request.
  • Minify JavaScripts Files : Aktifkan. Berfungsi untuk menghapus baris kosong, dan comment pada file untuk mengurangi ukuran file.
  • Load Javascript deffered : Aktifkan. Berfungsi untuk menjeda load file javascript pada website yang akan mempercepat load website
  • Delay JavaScripts Execution : Opsional. Berfungsi untuk menunda atau memberi jeda eksekusi dari file Javascript pada website.
Fitur File Optimization di AccelerateWP

BACA JUGA | WP Rocket : Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress

Media

Fitur optimasi media ini sangat direkomendasikan bagi website yang Anda kelola memiliki banyak gambar.

  • LazyLoad Enable for Images : Aktifkan. Berfungsi untuk menunda load gambar yang tidak tampil di layar, dan gambar akan mulai di load pada saat halaman tampil di layar device.
  • LazyLoad Enable for iframes and videos : Opsional. Jika website Anda memiliki iframe atau embed seperti embed video atau sebagainya, disarankan untuk mengaktifkan fungsi ini.
  • Image Dimensions : Aktifkan. Fitur ini membantu mencegah pergeseran tata letak saat halaman website dimuat. Hal ini mencegah pengalaman buruk saat mengunjungi website.
Media di AccelerateWP

Preload

Fitur preload berfungsi untuk membuat cache dimulai dari link-link pada halaman Homepage Website dan berdasarkan sitemap Website Anda.

Secara default opsi ini sudah aktif, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun .

Fitur preload di AccelerateWP

Advanced Rules

Pada bagian ini dapat Anda kosongkan saja, dan biarkan default, kecuali memang ada Opsi yang Anda lakukan penyesuaian. Terdapat beberapa fitur yang tersedia antara lain,

  • Never Cache URL : Menentukan URL yang tidak ingin di cache
  • Never Cache Cookies : Exclude cookies tertentu agar tidak di cache
  • Never Cache user agent : Menentukan user agent apa saja yang tidak ingin di cache
  • Always Purge URL : Membersihkan cache secara otomatis pada URL tertentu
Advanced rules di AccelerateWP

Database

Fitur ini berfungsi untuk melakukan optimasi pada database seperti membersihkan resource yang tidak terpakai seperti revision, draft, trashed post, spam comment, dan juga terdapat opsi automatic cleanup.

Optimasi database AccelerateWP

CDN

CDN berfungsi untuk mengurangi beban server karena memungkinkan pengunjung mengambil resource website Anda dari lokasi server CDN terdekat. Sehingga website Anda jauh akan lebih responsif.

Fitur ini opsional, jadi Anda dapat mengaktifkannya atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

CDN AccelerateWP

Heartbeat

Heartbeat adalah fitur yang memungkinkan browser berkomunikasi dengan server website secara realtime.

Namun pada kasus tertentu, aktivitas ini dapat membebani resource pada server yang Anda gunakan seperti CPU, dan berimbas pada kecepatan blog.

Fitur ini opsional, dapat Anda aktifkan sesuai dengan kebutuhan namun kami menyarankan untuk menonaktifkan.

Heartbeat AccelerateWP

Tools

Yang terakhir adalah Tools, dimana berfungsi untuk melakukan backup settings pada plugin AccelerateWP ataupun restore setting AccelerateWP yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Tools AccelerateWP

Demikian artiikel kami mengenai AcceleratorWP. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Wahid Husain

Person who love family, cat, sleep, and Pau <3