Rumahweb Journal
Banner - SEO Joomla

SEO Joomla : Pengertian, Plugin dan Cara Optimasinya

Joomla adalah salah satu CMS yang dapat digunakan untuk membuat website secara instan. Selain kemudahan dan banyaknya plugin yang dapat digunakan secara gratis, Joomla juga dikenal karena kemudahannya untuk dioptimasi SEO. Dalam artikel ini, kami akan berbagi tips SEO Joomla agar website Anda mudah diindex oleh Google.

Seperti yang kita ketahui bersama, Joomla merupakan salah satu CMS populer yang banyak digunakan untuk membuat website secara instan. Joomla bersifat open source, yang artinya dapat digunakan dan dimodifikasi kodenya secara bebas. Dengan Joomla, Anda dapat membuat personal blog, company profile hingga website berbasis sistem informasi.

Joomla memiliki keunggulan yaitu interface yang user friendly, sehingga mudah digunakan. Selain itu, Joomla mempunyai fleksibilitas yang baik, serta mempunyai banyak template dan ekstensi premium maupun gratis.

Selain itu, Joomla dilengkapi dengan fitur SEO friendly, sehingga memudahkan pengguna untuk mengoptimasi website di search engine. Lalu, apa itu SEO dan bagaimana optimasinya di Joomla?

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau yang disingkat menjadi SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan website di search engine. Optimasi ini dilakukan agar search engine atau mesin telusur bisa menindeks website dan menempatkannya di posisi teratas sesuai keyword yang ditargetkan.

Ketika website ada di peringkat pertama pencarian, tentunya hal ini akan menambah kunjungan pada website dan meningkatkan potensi keuntungan bagi bisnis Anda. Karenanya, semua pemilik website berlomba untuk menjadi yang teratas dan optimasi website ini disebut dengan istilah SEO.

Selengkapnya tentang SEO bisa dibaca pada artikel berikut: Apa Itu SEO?

Optimasi SEO pada Joomla

Seperti halnya SEO pada umumnya, strategi SEO pada Joomla dapat dilakukan dengan dua cara, yakni on page dan off page. Berikut pengertiannya masing-masing.

SEO on page

SEO on-page adalah cara untuk mengoptimalkan halaman website agar mudah ditemukan oleh search engine. Beberapa hal yang terkait dengan SEO on-page adalah Meta Title, Meta Description, Keywords, URL, Alt-Image, backlink internal, dan lain-lain.

Selain itu, relevansi keywords dengan konten yang dibuat juga sangat berpengaruh. Dalam dunia SEO, kami menyebutnya dengan istilah “Content is King” yang merujuk pada isi konten sebagai yang paling utama.

Selengkapnya tentang SEO on page bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

SEO off page

Secara istilah, SEO off-page berarti mengoptimalkan sebuah website dari sisi eksternal. Beberapa cara yang umum dilakukan meliputi pemasangan backlink, artikel tamu, dan pemasaran melalui media sosial.

Selengkapnya tentang cara dan strategi backlink bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

Optimasi SEO pada Joomla

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan, untuk optimasi SEO Joomla.

1. Setting global configuration

Tahap awal yang dapat Anda lakukan dalam optimasi SEO di Joomla adalah dengan konfigurasi SEO bawaan dari Joomla. Setting ini dapat dilakukan dari menu Settings > Global Configuration > SEO.

Anda bisa menyesuaikan Permalink website agar lebih SEO Friendly. Panduan ini bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

2. Setting Meta Title dan Meta Description

Meta title adalah elemen di bagian dalam struktur HTML yang mendefinisikan judul setiap halaman situs web.

Sedangkan meta description adalah elemen HTML yang berisi ringkasan halaman website. Fungsinya adalah untuk membantu mesin pencari memahami konten artikel kita melalui deskripsi singkat.

Nantinya, mesin pencari akan menampilkan meta title dan meta description sebagai ringkasan di halaman penelusuran. Berikut contohnya:

Contoh hasil penelusuran

Pada Joomla, setting meta title dan meta description dapat dilakukan melalui menu System > Global Configuration > Site.

setting seo joomla

Sedangkan pada Post, Judul yang kita masukkan akan secara otomatis menjadi meta title pada halaman tersebut. Sedangkan untuk meta description dapat di setting melalui menu Contents > Articles > Publishing seperti pada gambar berikut.

setting metda data artikel joomla

3. Melakukan riset keyword

Keywords atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kata kunci, adalah kata atau frasa yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan hal yang ingin dicari pada mesin pencarian, sehingga konten akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Riset keyword akan membantu Anda untuk mengetahui istilah yang digunakan oleh banyak orang, ketika mencari sesuatu di internet. Dengan melakukan riset keywords, Anda dapat membuat artikel sesuai dengan kata kunci yang banyak orang cari, sehingga meningkatkan peluang website Anda masuk dalam halaman pertama.

Panduan tentang riset keyword dapat Anda pelajari pada artikel berikut.

4. Membuat Sitemap

Sitemap adalah sebuah file atau halaman yang berisi informasi semua halaman yang terdapat pada sebuah website. Dengan adanya sitemap, search engine akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan crawling dan memetakan website Anda.

Anda dapat membuat sitemap menggunakan tools online seperti xml-sitemaps.com. Selanjutnya Anda dapat menambahkan sitemap yang sudah di-generate ke Google Search Console.

5. Membuat konten berkualitas

Pastikan bahwa konten yang Anda buat memiliki relevansi dengan keyword yang Anda targetkan. Jangan pernah menggunakan konten yang isi dan keywordnya tidak relevan, ini sangat buruk pada SEO.

Setelah melakukan riset keyword, buatlah konten yang sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian website Anda di search engine.

6. Optimasi Gambar

Kecepatan akses website adalah faktor yang memengaruhi peringkat sebuah website dalam hasil pencarian. Kendala yang sering dialami pengguna adalah lambatnya website, yang disebabkan oleh ukuran gambar yang besar dan kurang optimal.

Langkah awal yang dapat diambil adalah melakukan kompresi gambar. Joomla memiliki pengaturan untuk mengoptimalkan gambar dari sisi backend. Pengaturan ini dapat diakses melalui menu System > Global Configuration > Media.

setting media pada joomla

7. Mengaktifkan Gzip Compression

Gzip compression adalah fitur yang digunakan untuk mengkompresi data agar lebih ringan saat diakses melalui internet. Dalam Joomla, Gzip compression dapat membantu Anda mengkompresi data hingga 70% lebih ringan dari ukuran aslinya.

Dengan mengaktifkan Gzip compression di hosting atau server, data yang dikirimkan ke browser akan dikompresi, menghasilkan ukuran halaman yang lebih kecil dan mempercepat akses website.

Aktivasi Gzip compression di Joomla dapat dilakukan melalui menu System > Settings > Global Configuration > Server.

setting gzip compression joomla

8. Mengaktifkan Redis Object Cache

Redis adalah singkatan dari Remote Dictionary Server, yaitu sebuah sistem penyimpanan struktur data di dalam memory yang efektif untuk meningkatkan kecepatan pada website.

Jika Anda menggunakan layanan hosting di Rumahweb yang telah support Redis, Anda bisa melakukan konfigurasi redis melalui cPanel hostingnya.

Selengkapnya tentang Redis object cache di Joomla bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

Local SEO

Pernahkah Anda membuka Google lalu melakukan pencarian “toko sepatu terdekat” atau “toko baju terdekat” ? Dari keyword tersebut, Google akan merekomendasikan toko sepatu atau toko baju terdekat dari lokasi Anda.

Local SEO adalah metode atau proses optimasi SEO yang dilakukan oleh sebuah bisnis agar dapat muncul di pencarian lokal. Menurut data terakhir yang kami dapatkan, sebanyak 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal dan 29% pencarian tersebut akan berujung pada pembelian.

Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mendaftarkan domain ke Google My Bussiness agar website Anda muncul di pencarian local. Selengkapnya tentang mendaftarkan domain ke google bisnisku bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

Daftar Plugin atau Extensions SEO di Joomla

Joomla mempunyai banyak extensions yang digunakan untuk optimasi SEO. Berikut beberapa contoh extensions yang bisa digunakan beserta fungsinya:

  1. 4SEO, plugin ini dapat membantu pengguna menambahkan dan mengubah meta data secara mudah dari sisi frontend.
  2. RSSeo! Suite adalah paket extension yang dapat meningkatkan skor SEO, selain itu Anda juga dapat membuat sitemap, mengatasi error, serta mengatur redirect.
  3. Google Structured Data, extension ini dapat menangani SEO pada joomla dengan melakukan markup terhadap struktur konten, dan dapat membuat snippet yang lebih variatif.

Anda dapat menambahkan ekstensi tersebut melalui menu Settings > Extensions.

menu extensions joomla

Demikian tadi artikel kami tentang SEO Joomla. Kami berharap dengan artikel ini, bisnis Anda semakin berkembang bersama Rumahweb Indonesia. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Rifki

I am a technical support at Rumahweb, and a full time student of the life. Love travelling and running so much.