Rumahweb Journal
Banner - Apa Itu Self Signed Certificate dan Cara Install di cPanel

Apa Itu Self Signed Certificate dan Cara Install di cPanel

Dalam hal kriptografi dan keamanan komputer, terdapat beberapa jenis sertifikat SSL atau secure socket layer. Salah satu dari jenis SSL tersebut adalah Self Signed Certificate.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail apa itu Self Signed Certificate dan bagaimana cara install SSL jenis ini di cPanel. Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu Self Signed Certificate

Secara sederhana, Self Signed Certificate adalah sertifikat yang dibuat dan disetujui oleh dirinya sendiri. Sedangkan secara bahasa, Self Signed Certificate adalah jenis sertifikat yang diterbitkan oleh pengguna sendiri atas nama dirinya sendiri.

sertifikat jenis ini dapat dibuat dengan mudah, dan tidak membutuhkan biaya. Namun tentu saja, sertifikat jenis ini tidak memberikan nilai kepercayaan apapun. Jika tidak memberikan kepercayaan apapun, lalu apa gunanya Self Signed Certificate?

Bagaimanapun, Self Signed Certificate memiliki manfaat tersendiri walaupun terbatas. Contohnya ketika Anda dalam proses developing website dan ingin agar orang lain yang mengakses website Anda akan mendapatkan notifikasi error. Anda bisa dengan sengaja “mempercayai” situs Anda sendiri, lalu melanjutkan proses developing.

Sedangkan orang lain yang mengakses website anda mengira bahwa website tidak aman lalu akan meninggalkannya. Walaupun demikian, setiap proses yang terjadi antara web browser dan web server tetap akan di enkripsi.

Apabila website yang dibuat telah selesai, Anda tinggal mengubahnya ke SSL berbayar atau Free SSL yang disediakan oleh provider hosting Anda. Sehingga website Anda dapat diakses oleh semua browser secara aman.

Cara install Self Signed Certificate di cPanel

Ada banyak tools yang bisa anda gunakan, untuk membuat sertifikat self signed, contohnya seperti cPanel, OpenSSL hingga Java’s keytool.

Pada panduan ini, kami akan mendemokan cara install Self Signed Certificate di cPanel. Berikut langkah-langkahnya.

1. Login cPanel kemudian masuk ke menu SSL / TLS . Kemudian pilih Certificates (CRT)

Menu SSL/TLS di cPanel

2. Pada halaman Certificates (CRT) ini silahkan isi form Generate a New Certificate (form di bagian bawah). Isilah sesuai identitas yang akan diguakan untuk SSL, seperti: Nama domain, City, State, Country, Company, Division, Description.  Kalau sudah diisi formnya, kemudian klik Generate.

3. Akan muncul Certificate (CRT) yang telah di Generate, kemudian copy seluruh kode CRT sperti dibawah ini, dari begin certificate sampai end certificate:

Cara Install Self Signed Certificate di cPanel

4. Kembali ke menu utama SSL/TLS di cPanel. Kemudian pilih “Install and Manage SSL for your site (HTTPS)” . Masukkan (paste) kode CRT yg sudah di copy tadi ke kolom Certificate (CRT). Kemudian klik tombol ‘Autofill by Certificate’. Atau bisa juga dengan memilih nama domain dari drop down menu, lalu klik tombol ‘Autofill by Domain’. Setelah itu klik Install Certificate.

Jika berhasil akan muncul pesan sukses, misalnya: SSL Host Succesfully Installed.

Bagaimana membuat website menjadi secure?

Seperti yang kita ketahui bersama, sertifikat SSL komersial diterbitkan oleh pihak CA atau Certificate Authority, yang mana SSL ini mempunyai tingkat kepercayaan lebih tinggi dibandingkan dengan Self Signed Certificate. Agar website menjadi fully secure, solusinya Anda bisa install SSL di server dengan sertifikat yang diterbitkan oleh CA.

Saat ini, Rumahweb menyediakan layanan SSL berbayar maupun Free SSL dari Let’s Encrypt, yang dapat membuat website Anda menjadi fully secure.

Free SSL ini tersedia pada seluruh paket hosting di Rumahweb, mulai dari Shared hosting, Unlimited, Cloud hingga WordPress hosting. Untuk instalasi SSL gratis di cPanel, Anda bisa membaca panduan berikut : Install SSL Gratis

Sedangkan bagi Anda yang ingin mendapatkan keamanan website tingkat tinggi, Anda bisa menggunakan layanan SSL berbayar. SSL berbayar memiliki fitur Site Seal yang dapat Anda pasang di website, sehingga pengunjung akan merasa lebih terlindungi dan percaya diri dalam menjelajah website dan mengirimkan data melalui website Anda.

Demikian artikel kami tentang apa itu Self Signed Certificate dan cara install di cPanel, semoga bermanfaat. 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.