Rumahweb Journal
Banner - Leech Protection

Leech Protection: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Perlindungan file dan folder website menjadi salah satu aspek penting yang perlu Anda utamakan. Jika Anda menggunakan hosting atau VPS dengan cPanel, Anda bisa memanfaatkan fitur Leech Protection untuk perlindungan tambahan.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas tentang apa itu Leech Protection, fungsi hingga cara menggunakannya di cPanel. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Leech Protection?

Leech Protection adalah salah satu fitur cPanel yang dibuat untuk melindungi file dan folder pada website Anda, dengan menerapkan kata sandi tambahan saat diakses oleh pengunjung.

Selain itu, Leech Protection juga dapat menetapkan batasan pada jumlah akses yang diizinkan dari alamat IP tertentu dalam periode waktu tertentu. Jika batasan ini terlampaui, sistem akan mengambil tindakan preventif, seperti memblokir sementara atau membatasi akses tersebut.

Perlindungan yang diberikan Leech Protection antara lain seperti membuat form user dan password tambahan yang diperlukan ketika ada pengunjung yang ingin mengakses halaman webnya. Apabila user dan password yang di inputkan salah, maka akan dialihkan ke halaman 403 Forbiden.

Umumnya, fitur Leech Protection digunakan ketika ingin melakukan deploy pada website atau membutuhkan orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Fungsi Leech Protection

Fungsi utama dari Leech Protection adalah untuk mencegah praktik-praktik ilegal atau aktivitas berlebihan, seperti pembajakan konten atau percobaan login yang berulang.

Dengan mengaktifkan fitur Leech Protection di cPanel, Anda dapat meningkatkan keamanan dan kinerja website Anda.

Cara Memasang Leech Protection

Fitur Leech protection tersedia di semua layanan hosting Rumahweb. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa mengikuti panduan berikut:

Step 1. Login cPanel

Untuk login cPanel, silahkan Anda akses melalui https://namadomainAnda/cpanel atau ikuti langkah berikut:

  1. Login Clientzone Rumahweb, https://new.clientzone.rumahweb.com/login
  2. Masuk ke menu Hosting > pada nama domain hosting, klik “Manage“.
  3. Silahkan scroll ke bawah, klik tombol “Login Panel“.

Step 2. Memasang Leech Protection

  1. Pada halaman cPanel, silahkan cari menu “Leech Protection“. Menggunakan fitur pencarian dapat mempercepat pencarian menunya.
  2. Setelah masuk ke halaman Leech Protection, silahkan tentukan folder yang akan ditambahkan perlindungan password dengan klik “Edit” seperti gambar di bawah:
Setup Leech Protection cPanel Rumahweb
  1. Pada tampilan Edit, klik tombol Manage User.
Manage Leech Protection cPanel Rumahweb
  1. Kemudian aktifkan centang “Password protect this directory.” dan klik save.
Set Password Leech Protection cPanel Rumahweb
  1. Langkah terakhir, klik tombol “Back” yang muncul setelah save tadi dan Anda perlu inputkan user dan password Leech Protection seperti gambar di bawah:
User dan Password Leech Protection cPanel Rumahweb

Jika semua telah selesai Anda inputkan dengan benar, silahkan klik tombol save kemudian lakukan testing dengan mengakses websitenya sesuai folder yang telah dipilih sebelumnya.

Pada panduan ini kami set pada public_html, sehingga yang terlindungi password adalah nama domain utama dan seluruh file dan folder didalamnya.

Itu dia artikel dari Rumahweb tentang apa itu Leech Protection di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fredric Lesomar

I am an ameteur programer and cybersecurity enthusiast. Love much, mother Python language, machine learning and You!