Rumahweb Journal
Cara Whitelist IP Address di VPS aaPanel

Cara Whitelist IP Address di VPS aaPanel

Menerapkan whitelist IP Address pada VPS merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan dan memberikan kontrol penuh atas akses ke server Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara whitelist IP Address pada VPS aaPanel.

Dengan mengonfigurasi whitelist IP Address, Anda dapat menyaring dan mengizinkan akses ke server hanya melalui alamat IP yang sah, serta mengurangi potensi risiko keamanan pada VPS.

Setelah sebelumnya kami membahas cara whitelist IP di WHM, dalam artikel ini, kami akan berbagi cara untuk melakukan whitelist IP address di aaPanel.

Alasan IP Address perlu di whitelist

Terkadang, kita perlu memberikan izin kepada IP Address tertentu untuk berkomunikasi dengan server tanpa khawatir terblokir oleh firewall. Di aaPanel, tersedia fitur untuk whitelist IP address melalui opsi “IP Rules”.

Whitelist ini bertujuan untuk memastikan bahwa firewall tidak menghalangi akses dari alamat IP yang telah ditentukan. Proses penambahan IP Address ke dalam whitelist dapat dilakukan pada menu Security.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Whitelist IP

Dalam satu sisi, whitelist IP juga dapat menimbulkan risiko keamanan, sehingga memerlukan pertimbangan yang cermat. Ketika alamat IP ditambahkan ke daftar whitelist, alamat tersebut memperoleh akses tidak terbatas ke sistem, layanan, atau aplikasi yang tercakup dalam daftar whitelist.

Meskipun hal ini bermanfaat karena memungkinkan pengguna atau perangkat tertentu berfungsi dengan lancar, hal ini juga menimbulkan potensi kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh pelaku kejahatan.

Kapan Anda Perlu Melakukan IP Whitelist?

Anda membutuhkan upaya IP whitelist untuk beberapa hal berikut ini:

Mengatur firewall jaringan komputer

Jaringan komputer, misalnya LAN perusahaan, hanya boleh diakses oleh orang-orang dari perusahaan tersebut. Untuk mengamankan jaringan tersebut, Anda perlu melakukan IP whitelist.

Mengatur firewall router wifi

Router wifi bisa disusupi oleh hacker untuk menyadap transfer data antara perangkat Anda dengan website. Upaya IP whitelist dibutuhkan agar hacker tidak bisa menyusup ke router Anda.

Mengamankan Perangkat IoT

Penerapan IoT (internet of things) melibatkan berbagai perangkat, seperti kamera cctv dan peralatan rumah tangga. Agar tidak mudah diretas, Anda perlu melakukan IP whitelist untuk memastikan hanya IP address tertentu yang bisa terhubung dengan perangkat tersebut dan mengendalikannya.

Mengatur akses server hosting website atau aplikasi

Keamanan server hosting bisa meningkat dengan upaya whitelist IP. Dengan melakukannya, hanya IP address tertentu yang bisa log in untuk melakukan pengaturan website atau aplikasi Anda.

Mencegah sembarang pihak untuk mengakses staging website

Pengembangan website meliputi fase pengetesan yang dilakukan dengan staging. Nah, IP whitelist memungkinkan Anda mencegah pihak selain developer website untuk mengakses website yang sedang dites.

Melakukan Testing Aplikasi

Jika mengembangkan aplikasi, Anda perlu mengecek versi terbarunya. Tujuannya, untuk menghindari kesalahan user interface, bug, dan sebagainya. Nah, IP whitelist memungkinkan Anda untuk mengontrol akses aplikasi saat proses pengecekan berlangsung.

Whitelist IP address di aaPanel

Berikut adalah cara whitelist IP address melalui VPS aaPanel:

  1. Login ke halaman aaPanel administrator pada VPS Anda.
Login aaPanel
  1. Selanjutnya dengan klik menu Security.
Menu Security
  1. Kemudian pada bagian Firewall > IP Rules, silakan klik tombol “Add Rule” untuk menambahkan IP address yang akan di whitelist.
Firewall Rule
  1. Pada kolom Add IP rule, silakan isikan informasi contoh berikut ini:
  • Source IP : isikan IP address yang akan diwhitelist
  • Strategy : Release (whitelist), sedangkan Block (untuk memblokir IP tertentu)
  • Remaks : informasi label IP address
whitelist ip address di VPS aaPanel
  1. Apabila sudah mengisi data diatas, selanjutnya klik tombol Confirm.
    List-IP Address

    Demikian artikel kami tentang cara whitelist IP address pada VPS aaPanel, semoga bermanfaat.

    Bermanfaatkah Artikel Ini?

    Klik bintang 5 untuk rating!

    Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

    Belum ada vote hingga saat ini!

    Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

    Mari kita perbaiki artikel ini!

    Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

    Jasa Pembuatan Website Rumahweb

    Jan Laen Player

    Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.