Rumahweb Journal
Banner - Cara Menggunakan SSH Key Untuk SFTP Filezilla di VPS AWS

Cara Menggunakan SSH Key Untuk SFTP Filezilla di VPS AWS

Seperti yang telah kita ketahui bersama, VPS AWS tidak menyertakan username dan password root untuk mengelola layanannya. Anda dapat mengelola VPS AWS melalui SSH key yang telah disediakan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menggunakan SSH Key untuk SFTP FileZilla.

SFTP adalah singkatan dari Secure File Transfer Protocol adalah protokol yang digunakan untuk transfer file (download dan upload) antara FTP server dan FTP client, dengan keamanan yang lebih terjamin.

Pada pengguna VPS AWS, Anda dapat menggunakan SSH Keys untuk terkoneksi dengan aplikasi SSH atau terminal, hingga koneksi ke SFTP.

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara singkat apa itu SFTP, SSH key dan cara menggunakan SSH Keys untuk SFTP FileZilla. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu SFTP

SFTP merupakan singkatan dari Secure File Transfer Protocol, yang digunakan untuk transfer file antara ftp client dengan ftp server. SFTP lebih aman daripada FTP biasa, karena koneksi antara klien dan server menggunakan saluran Secure Shell (SSH), yang merupakan komponen kriptografi untuk keamanan internet.

Fakta bahwa proses transfer file dalam SFTP di enkripsi membantu menghindari sniffing kata sandi dan menyembunyikan informasi sensitif dalam teks, sehingga aman dari pengintaian.

Selengkapnya tentang SFTP bisa Anda pelajari melalui artikel: Apa itu SFTP? Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Apa itu SSH Key

SSH Key adalah salah satu bentuk dari kriptografi yang digunakan sebagai authentication SSH. Key ini terdiri dari dua file yang berisi public key dan private key. Aplikasi server SSH umumnya mendukung dua jenis otentikasi, yaitu menggunakan password atau pasangan public-private key atau sering disebut SSH key.

Otentikasi login menggunakan password adalah hal yang umum, karena dienkripsi secara default (dibandingkan dengan rsh) dan mudah dimengerti oleh user.

SSH Key sangat berguna dalam situasi dimana Anda ingin membuat koneksi terenkripsi dengan seseorang, tanpa harus khawatir tentang melindungi kata sandi Anda. Seperti ketika Anda menghubungkan VPS ke server GIT atau akun GitHub.

Cara Menggunakan SSH Key untuk akses SFTP

Berikut langkah-langkah menggunakan SSH key untuk akses SFTP dengan aplikasi FileZilla.

Step 1. Hal yang diperlukan

Ada dua hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu SSH Key dan install aplikasi FileZilla. SSH Key VPS AWS bisa Anda dapatkan melalui halaman Clientzone, dengan panduan sebagai berikut: Cara Mendapatkan SSH-Key AWS VPS

Sedangkan untuk filezilla, Anda bisa mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Panduan lengkap tentang FileZilla bisa Anda baca pada artikel berikut.

Step 2. Cara Menggunakan SSH Key untuk SFTP

Setelah mendapatkan SSH key dan Install FileZilla di komputer Anda, selanjutnya Anda bisa mengikuti panduan berikut.

  1. Buka aplikasi Filezilla, lalu klik menu File > Site Manager.
Site manager FileZilla
  1. Klik New Site untuk menambahkan akses ke VPS AWS dan beri nama sebagai label.
Membuat koneksi baru
  1. Selanjutnya Anda bisa masukkan rincian sebagai berikut.
  • Host : masukkan IP address atau hostname VPS AWS yang digunakn
  • Protocol : pilih SFTP – SSH File Transfer Protocol
  • Logon type : Key File
  • User : Isi dengan nama user yang sudah di daftarkan untuk akses FTP atau bisa menggunakan user root.
  • Key file : Klik tombol browse dan pilih private key yang sudah dibuat . Private key pada putty adalah file dengan extention ppk.
Contoh Setting
  1. Jika sudah, klik Tombol Connect untuk login ke server VPS AWS, Jika berhasil akan muncul directory VPS yang digunakan seperti contoh berikut.
Hasil koneksi SFTP

Saat ini, Anda sudah terhubung dengan server AWS VPS. Selanjutnya Anda sudah dapat melakukan upload, import maupun kelola file di VPS AWS Anda.

Demikian cara menggunakan SSH key untuk akses SFTP FileZilla pada VPS AWS, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Akbar Wirabattana

Technical support, kadang juga menulis artikel