Rumahweb Journal
banner artikel - Apa itu UTM Link adalah

Apa itu UTM Link? Pengertian, Contoh dan Cara Menggunakannya

Pernahkah Anda bertanya-tanya, darimana saja trafik website Anda berasal? UTM adalah solusi yang bisa Anda gunakan, agar Anda tahu darimana saja trafik website Anda berasal. Lalu apa yang dimaksud dengan UTM dan bagaimana cara menggunakannya?

Pada panduan ini, kami akan membahas secara lengkap apa itu UTM hingga cara menggunakannya.

Apa Itu UTM Link?

UTM adalah singkatan dari Urchin Tracking Module, merupakan sebuah kode yang disisipkan pada url website Anda yang berfungsi untuk melihat trafik asal. Contoh UTM link sebagai berikut:

https://www.rumahweb.com/domain-murah/?utm_campaign=blog.rumahweb.com_utmsource=con

Pada contoh diatas, utm link ke halaman /domain-murah berasal dari blog.rumahweb.com.

UTM link berfungsi sebagai salah satu alat ukur untuk mengetahui seberapa tepat dan efektifnya campaign yang sedang kita jalankan. Dengan mengukur trafik source pada website, kita dapat mengetahui data pelanggan atau calon pelanggan, sehingga kita dapat menyusun strategi marketing yang lebih tepat.

Parameter UTM

Pada penerapan UTM link setidaknya terdapat 5 parameter yang dapat digunakan. Dari 5 parameter tersebut, dibagi menjadi 3 parameter yang harus ada dan 2 parameter opsional. Berikut adalah 3 parameter yang harus ada dalam pembuatan UTM

  • utm_source: parameter ini merupakan sumber dari traffic website berasal. Contoh utm_source antara lain Google ads, Facebook ads, Media Sosial, termasuk juga layanan pembuat link seperti linktree.
  • utm_medium: Parameter ini merupakan media dari promosi atau iklan yang digunakan seperti email, banner, ataupun CPC.
  • utm_campaign: Paramener ini memuat informasi campaign yang dilakukan. Utm_campaign bisa memuat infromasi seperto tagline campaign ataupun bisa memuat juga informasi kode promosi.

Sedangkan berikut parameter opsional yang dapat juga anda gunakan saat pembuatan UTM.

  • utm_term: Parameter ini bisa anda isikan dengan kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan campaign yang sedang dilakukan.
  • utm_content: parameter ini berfungsi untuk membedakan link atau konten yang serupa pada campaign yang sama.

Berikut contoh dari penerapan UTM link pada website Rumahweb.

contoh utm link adalah

Cara Membuat UTM Link

Setelah memahami apa itu UTM link, selanjutnya kita akan belajar cara membuat dan menggunakan UTM Link. Pada artikel kali ini, kami akan menginformasikan cara pembuatan UTM dengan menggunakan layanan dari Google Campaign url builder.

Berikut langkah-langkah membuat UTM link di Campaign url builder.

  1. Silahkan akses link campaign-url-builder.
  2. Kemudian silahkan Anda isi parameter dari UTM yang akan dibuat melalui kolom yang telah disediakan.
utm parameter input
  1. Setelah form tersebut Anda lengkapi, selanjutnya Anda bisa men-generate URL campaign. Nantinya, Anda bisa melihat hasil UTM link yang telah berhasil dibuat, contohnya sebagai berikut.
generate link utm

Cara Menggunakan UTM Link

Setelah membuat utm link, langkah selanjutnya Anda bisa memasang link tersebut ke website sumber yang ditargetkan. Sebagai contoh, kami akan memasang iklan Rumahweb di website blog.rumahweb.com.

Kami pasang sebuah banner yang mana ketika banner tersebut di klik, maka link akan mengarah ke halaman Rumahweb sesuai dengan target utm link yang telah kita setting. Berikut contohnya:

contoh source utm link pada website

Ketika ada user yang melakukan klik ke banner tersebut, browser akan mengarahkan ke halaman utm link yang telah kita buat.

Selanjutnya kita bisa memantau trafik pada website kita, untuk mengetahui sumber lalu lintas pada website dan kita bisa mengukur seberapa tepat campaign yang sedang kita terapkan. Dengan hal ini, diharapkan kedepan campaign yang akan kita jalankan dapat lebih terukur dan lebih efisien dalam menentukan strategi Digital Marketing.

Demikian penjelasan kami tentang apa itu UTM Link hingga cara menggunakanya. Semoga usaha Anda semakin berkembang. Selamat mencoba.


Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.