Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Cron Job (Schedule Task) di Plesk Panel

Cara Membuat Cron Job (Schedule Task) di Plesk Panel

Cron job adalah fitur yang memungkinkan Anda menjalankan tugas tertentu secara otomatis dan terjadwal di server. Pada panel Plesk, cron job dikenal sebagai fitur scheduled task. Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara membuat cron job di Plesk melalui menu scheduled task. Simak informasi berikut.

Dalam mengelola website atau server, seringkali ada tugas atau perintah yang harus kita jalankan secara berulang. Sebagai contoh, menghapus cache atau session secara berkala pada website, hingga membuat backup pada waktu tertentu. Jika dilakukan secara manual, tentu hal ini dapat memakan banyak waktu Anda.

Solusinya, Anda dapat membuat penjadwalan untuk menjalankan script tersebut secara bersamaan atau otomatis di waktu yang ditentukan. Di Plesk Panel, Anda dapat membuat penjadwalan ini secara mudah melalui Schedule task.

Mengenal Schedule Task

Scheduled Tasks adalah fitur dalam Plesk panel yang memungkinkan Anda menjalankan suatu perintah, skrip, atau mengakses suatu URL secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah diatur.

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu repot menjalankan tugas atau mengeksekusi script atau perintah tertentu secara manual. Berikut adalah beberapa contoh tugas yang dapat Anda automatisasi menggunakan Scheduled Task di Plesk.

  • Backup data
  • Membersihkan log files
  • Sinkronisasi data atau dns
  • Update tugas secara periodik
  • Pengiriman email otomatis

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cron job

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat schedule tasks atau cron job di Plesk Panel.

Resource Usage

Terlalu banyak membuat cron job atau schedule task berpotensi menyebabkan performa website Anda menjadi lambat atau terganggu. Hal ini disebabkan cron atau schedule task membutuhkan resource pada hosting atau server ketika mengeksekusi prosesnya.

Karena itu, bijaklah dalam menggunakan resource usage pada hosting atau server Plesk Anda.

Pahami perintah dasar Linux

Memahami dasar Linux penting dalam konteks membuat cron job atau schedule task, karena cron job sendiri merupakan bagian integral dari sistem manajemen waktu pada sistem operasi Linux.

Cron job menggunakan sintaks yang spesifik dalam file cron atau tabel cron. Pemahaman dasar Linux memungkinkan pengguna untuk menafsirkan dan membuat aturan waktu yang benar dalam cron job.

Memahami sintaks interfal waktu

Pemahaman sintaks interval waktu dalam cron job sangat penting, karena itu menentukan kapan cron job akan dijalankan. Interval waktu pada cron job terdiri dari lima bagian yang mewakili menit, jam, hari, bulan, dan hari dalam seminggu.

Karenanya, memahami sintaks interval waktu akan sangat membantu Anda untuk merinci kapan sebuah tugas atau skrip harus dijalankan. Anda bisa belajar memahami sintak interval waktu melalui website crontab guru.

Cara membuat Cron Job di Plesk

Bagi Anda yang menggunakan layanan WordPress Hosting versi lama dan VPS dengan lisensi Plesk, Anda bisa mengikuti panduan ini membuat membuat cron job di plesk panel.

Step 1. Persiapan sistem

Untuk membuat cron job di Plesk panel, ada 3 hal yang perlu Anda siapkan. Berikut diantaranya:

  • Script : adalah barisan kode yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah yang telah dituliskan.
  • Command : adalah suatu perintah yang langsung dijalankan untuk mengeksekusi suatu script atau file yang di cantumkan pada command tersebut.
  • URL : element ini gunakan untuk menjalankan suatu command atau script yang dijalan dan mengikat suatu URL untuk dieksekusi sesuai waktu dan perintah yang dibuat.

Setelah menyiapkan 3 hal diatas, selanjutnya Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk membuat cron job di Plesk panel. Berikut langkah-langkahnya :

Step 2. Membuat schedule task

  1. Login ke plesk panel hosting atau VPS yang anda miliki melalui url namadomain:8443.
Login ke Plesk panel
  1. Klik menu Schedule Tasks yang berada di sidebar seperti gambar berikut.
pilih menu schedule tasks
  1. Lalu klik Add Task.
buat task atau tugas baru
  1. Kemudian lakukan konfigurasi sesuai elemen, command, dan interval waktu yang ingin dibuat.
membuat cron job di plesk
  1. Kemudian klik OK, dan Schedule Task atau Cron job sudah selesai dibuat.
membuat schedule tasks di plesk selesai

Sampai tahap ini, proses pembuatan cron job di Plesk Panel pada layanan WordPress hosting atau VPS Plesk telah selesai dibuat. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.