Rumahweb Journal
Banner - Belajar SQL Database 5

Belajar SQL Database Untuk Pemula Bagian 5

Setelah mempelajari cara menampilkan data di bagian 4 artikel belajar SQL database, kali ini kita akan melanjutkan tutorial dengan membahas tentang relasi tabel.

Seperti yang kita ketahui, data pada database disimpan dalam bentuk tabel. Dalam sebuah database, kita dapat membuat lebih dari satu tabel, sehingga memungkinkan adanya keterhubungan atau relasi antar tabel.

Lalu, apa sebenarnya relasi tabel itu? Dalam series belajar SQL database bagian 5 ini, akan kami menjelaskan konsep relasi, fungsinya, dan langkah-langkah cara membuat relasi antar tabel. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Relasi Tabel?

Dalam database, sangat tidak efisien jika semua data disimpan dalam satu tabel, karena hal ini akan memerlukan pembuatan banyak kolom dan menyebabkan beban proses yang tinggi pada database saat digunakan.

Solusinya, kita dapat membuat beberapa tabel di database yang bisa kita kategorikan berdasarkan fungsi masing-masing. Agar tabel-tabel tersebut dapat saling terhubung, dikenal konsep relasi tabel.

Relasi tabel adalah hubungan antara tabel yang data atau recordnya saling berhubungan. Agar tiap tabel saling terhubung, dikenal isilah primary key dan foreign key.

Primary Key

Primary Key adalah suatu kolom dalam tabel yang secara unik berfungsi untuk mengidentifikasi tiap field pada tabel. Dalam fungsinya, Primary Key digunakan untuk memastikan bahwa setiap baris data dalam tabel memiliki identifikasi yang unik.

Contohnya, jika Anda membuat tabel untuk sistem login, terdapat beberapa kolom atau field seperti username, password, nama, email, dan alamat.

Anda dapat menjadikan kolom username sebagai primary key. Dengan demikian, dalam sistem login tersebut, tidak diperbolehkan adanya username dengan nilai yang sama untuk memastikan keunikan setiap akun pengguna.

Foreign Key

Foreign Key adalah kolom dalam sebuah tabel yang berfungsi untuk membentuk relasi antara dua tabel atau lebih, dan memungkinkan referensi ke data dalam satu tabel dari data dalam tabel lain.

Dengan menggunakan Foreign Key, kita dapat membuat hubungan antar tabel dalam sebuah database.

Jenis Relasi Tabel

Ada 3 jenis relasi tabel yang dapat digunakan, dan setiap jenis merepresentasikan jumlah data yang direlasikan.

One-to-one

Jenis relasi ini berarti hubungan antara satu baris data di tabel A yang terhubung ke satu baris data juga di tabel B. Contohnya data siswa dan orang tua walinya, sehingga setiap satu data siswa di tabel siswa akan terhubung ke satu data orang tua wali di tabel wali siswa.

Relasi Tabel One-to-one - Belajar SQL Database

One-to-many

Jenis relasi ini menerangkan bahwa satu barus data di tabel A bisa berelasi dengan banyak data di tabel B. Contohnya data wali kelas dengan siswa-siswanya, jadi setiap satu wali kelas memiliki banyak siswa yang dinaunginya, dan setiap siswa tidak memiliki lebih dari satu wali kelas sehingga terciptalah one-to-many.

Relasi Tabel One-to-many - Belajar SQL Database

Many-to-many

Jenis relasi ini bisa dijelaskan sebagai setiap data di tabel A bisa berhubungan dengan banyak data di tabel B dan begitu juga sebaliknya. Contohnya data siswa dengan mata pelajaran yang diambil. Jadi setiap siswa bisa mengambil banyak mata pelajaran, begitu juga sebaliknya satu mata pelajaran bisa diambil oleh banyak siswa.

Relasi Tabel Many-to-many

Membuat Primary Key atau Foreign Key

Selanjutnya dalam belajar SQL database bagian ke 5. kita akan belajar membuat primary dan foreign key. Membuat primary key dan foreign key di database dapat dilakukan bersamaan ketika tabel akan dibuat, atau kita dapat menambahkannya setelah tabel selesai dibuat.

Menggunakan skenario penjelasan jenis relasi diatas, kita akan belajar membuat 4 tabel dilengkapi dengan primary key dan foreign key. 4 tabel yang akan kita buat yaitu siswa, guruwali, wali_siswa, dan mata_pelajaran.

  • Berikut contoh membuat tabel wali_siswa dengan primary key :
Membuat Tabel wali_siswa dengan primary key
  • Membuat tabel guruwali dengan primary key.
Membuat tabel guruwali dengan primary key
  • Membuat tabel mata_pelajaran dengan primary key.
Membuat tabel mata_pelajaran dengan primary key
  • Berikutnya adalah contoh membuat tabel siswa tanpa primary key maupun foreign key.
Membuat tabel siswa tanpa primary key dan foreign key
  • Mengubah primary key dan foreign key tabel siswa untuk relasi ke tabel yang lain.
Membuat primary key di tabel siswa
Membuat foreign key di tabel siswa

Menampilkan data tabel yang berelasi

Berikut contoh menampilkan data siswa dengan wali siswanya:

Menampilkan data relasi tabel siswa dan wali_siswa

Berikut contoh menampilkan data siswa dengan mata pelajaranya.

Menampilkan data relasi tabel siswa dan mata_pelajaran

Selanjutnya adalah contoh menampilkan data siswa dengan guru walinya.

Menampilkan data relasi tabel siswa dan guruwali

Kesimpulan

Relasi tabel adalah hubungan antara tabel yang data atau recordnya saling berhubungan. Relasi tabel diperlukan agar pengelolaan data lebih efisien, sehingga semua data bisa dipisah berdasarkan kategorinya dan bisa menampilkan data antar tabel yang datanya saling berhubungan.

Demikian artikel kami tentang apa itu relasi tabel hingga contoh relasi antar tabel dalam database. Selanjutnya, pelajari bagian 6 yang merupakan penutup dari series belajar SQL database kami. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Edi Purnomo

Sedang baik-baik saja. Bagian dari teknis Rumahweb juga.