Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Verifikasi Domain ke Office 365

Verifikasi Domain ke Office 365

Bagi para penggerak bisnis maupun instansi pendidikan, Office 365 menghadirkan beberapa fitur untuk memudahkan semua aktifitas berorganisasi. Mulai dari Microsoft Office yang bisa dikelola secara online hingga layanan email server untuk domain.

Setelah melakukan registrasi pada Office 365, Anda perlu melakukan verifikasi domain terlebih dahulu agar domain terhubung dengan layanan Office 365. Lalu, bagaimana cara verifikasi domain pada layanan Office 365?

Ikuti langkah berikut untuk panduan verifikasi domain pada Office 365 :

1 . Silakan login pada akun office 365 Anda. Login bisa dilakukan pada link berikut https://www.office.com/ . Setelah login, silakan pilih menu Admin seperti gambar dibawah ini :

2 . Pada halaman Admin, akan ada beberapa pilihan menu. Anda bisa pilih menu Settings > Domains

3 . Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan domain yang akan di verifikasikan. Jika sudah diisikan, bisa dilanjut dengan klik “Use this Domain”.

4 . Untuk bisa menggunakan domain yang diisikan, maka pihak microsoft akan meminta Anda untuk memverifikasikan domainnya. Pada tutorial ini, kami akan memilih dengan cara penambahan TXT record. Pilih opsi pertama, kemudian klik continue :

5 . Anda akan diberikan beberapa record yang harus Anda settingkan pada sisi domain Anda. Silakan lakukan penyesuaian setting record sesuai yang diminta.

PENTING : Pada tahap ini, Anda harus memastikan apakah Anda pengguna domain saja atau dengan hosting. Apabila Anda pengguna domain saja, silakan ikuti panduan “A” sedangkan jika ada menggunakan hosting silakan gunakan panduan “B” atau “C” sesuai panel yang digunakan.

A . Setting veriifikasi melalui clientzone :

Setting ini bisa dilakukan pada menu DNS management domain. Silakan login ke clientzone Rumahweb. Setelah login, pilih Domain > My Domains > klik active pada domain > DNS management > Add new record.

Jika belum diklik update, silakan klik update agar bisa membaca setting DNS yang dilakukan.

B. Setting verifikasi melalui cPanel hosting :

Setting ini bisa dilakukan pada menu “Zone Editor” pada cPanel hosting. Silakan login cPanel > pilih Zone Editor > Manage > Add New Record.

C. Setting verifikasi melalui plesk panel hosting :

Setting ini bisa dilakukan pada menu DNS settings di plesk panel. Silakan login plesk panel > pilih DNS settings > Add Record.

Setelah TXT record dimasukkan, silakan ditunggu proses propagasi DNSnya 1-24 jam kemudian klik Verify.

6 . Setelah terverifikasi, maka Anda masih perlu setting DNS lain yang diminta pihak microsoft agar bisa terhubung. Pada pages ini, silakan klik continue.

7 . Anda akan disuguhkan setting TXT , MX dan juga CNAME record agar mail server domain bisa menggunakan office 365. Letak panduan setting yang sama seperti panduan point nomor 5 disesuaikan dengan panel yang digunakan dan seperti record dibawah ini.

Berikut kami berikan contoh penginputannya :

A. Setting Record DNS Pada clientzone

MX record :

TXT Record

CNAME Record :

B. Setting Record DNS Pada cPanel

MX Record

TXT Record

CNAME Record

C. Setting Record DNS Pada Plesk Panel

MX Record

TXT Record

CNAME Record

8 . Setelah selesai semua, nantinya akan tampil pada menu domains bahwa domain Anda sudah diverifikasikan ke office 365.

Demikian cara verifikasi office 365 menggunakan domain Rumahweb. Selamat mencoba.

Apabila Anda menemui kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui telpon, livechat maupun email ke teknis[at]rumahweb.com agar bisa kami bantu cek.

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas

Blog Competition