Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
upload website ke plesk panel dengan winscp

Upload Website ke Plesk Panel Dengan WinSCP

Ada beberapa metode untuk mengupload website yang sudah dibuat di localhost ke hosting. Salah satu metode yang paling populer adalah dengan melalui protokol FTP. Metode ini khususnya banyak digunakan oleh developer yang membangun website berbasis HTML. Selain itu, metode ini juga banyak digunakan oleh developer yang rutin melakukan update konten secara offline, dan kemudian hasilnya disinkronisasi ke hosting melalui protokol FTP.

Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi tips tentang upload website ke Plesk Panel dengan WinSCP, salah satu aplikasi FTP client paling populer di lingkungan sistem operasi Microsoft Windows.

Sebagai contoh, kali ini kami ingin mengupload konten website yang sudah dibuat di localhost menggunakan aplikasi XAMPP untuk Windows. Berikut langkah-langkahnya :

1. Langkah pertama, Anda harus mengetahui username dan password login Plesk Panel layanan WordPress Hosting Rumahweb. Informasi username dan password login Plesk Panel, bisa Anda lihat melalui halaman Clientzone, dari menu Layanan -> List Layanan Saya -> Active -> Informasi Akun.

2. Setelah mengetahui username dan password login Plesk Panel, buka aplikasi WinSCP, kemudian masukkan data berikut :
– File Protocol : FTP
– Encryption : No encryption
– Host name : Nama domain
– Port number : 21
– Username : Username Plesk Panel
– Password : Password Plesk Panel
Setelah semua data dilengkapi, klik tombol Login.

3. Setelah berhasil login, WinSCP akan menampilkan jendela File Manager yang terdiri dari dua kolom. Kolom sebelah kiri memperlihatkan konten di dalam localhost atau komputer Anda, sedangkan kolom sebelah kanan memperlihatkan konten di dalam Plesk Panel.
Pada kolom sebelah kiri, masuk ke Drive C: kemudian ke folder xampp, dan masuk lagi ke folder htdocs. Pada kolom sebelah kanan, masuk ke folder httpdocs.

4. Pada kolom sebelah kiri, tandai semua file (select all) dengan mengklik tombol Ctrl+A, kemudian klik kanan, lalu pilih Upload -> Upload.

5. Akan muncul jendela konfirmasi, klik OK, lalu tunggu proses upload selesai. Setelah semua file berhasil terupload, Anda bisa langsung mengecek hasilnya dengan mengakses nama domainnya. Apabila website Anda berbasis HTML statis, hasilnya akan langsung tampil.

6. Panduan ini hanya berfungsi untuk mengupload konten inti dari sistem website Anda. Apabila website yang Anda buat mempergunakan database, maka masih diperlukan langkah export database, import database, dan konfigurasi.

Demikian panduan singkat tentang upload website ke Plesk Panel dengan WinSCP. Semoga panduan ini bisa membantu Anda dalam proses upload website ke layanan WordPress Hosting Rumahweb. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi

Blog Competition