Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
cara uninstall cms joomla

Uninstall CMS Joomla dari Fantastico

Fantastico adalah fasilitas dari hosting provider yang berisi kumpulan-kumpulan script CMS (content Management System). Dengan CMS ini, Anda tidak perlu coding tapi cukup install script dan website Anda sudah siap diakses. Anda hanya perlu mengisi kontennya saja dan mengkonfigurasi tampilan melalui admin cms tersebut.

Kali ini Rumahweb akan membahas tentang CMS Joomla. Ketika Anda melakukan instalasi Joomla melalui Fantastico, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya di Instalasi Joomla Melalui Fantastico . Tentu tidak ada masalah ketika menginstal joomla, selama Anda mengikuti panduan dari artikel yang kami sebutkan di atas. Namun ketika Anda ingin meng-uninstal/remove Joomla melalui Fantastico, Anda akan menemukan error yang menginformasikan bahwa Anda tidak bisa remove Joomla karena fungsi shell_exec() di disable oleh server.

Fungsi shell_exec() ini kami disable dengan alasan keamanan. shell_exec() adalah salah satu fungsi dari php yang menjalankan perintah melalui shell dan mengembalikannya (output) sebagai string. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah, Anda harus menghapus Joomla secara manual. Jadi Anda delete file dan folder Joomla hasil dari instal melalui Fantastico. Jika Anda bingung file dan folder mana saja yang harus dihapus, Anda bisa lihat di file fantastico_fileslist.txt. File dan folder tersebut adalah sebagai berikut :

[code]
administrator/
cache/
components/
editor/
help/
images/
includes/
language/
mambots/
media/
modules/
templates/
CHANGELOG.php
configuration.php
configuration.php-dist
COPYRIGHT.php
data.sql
fantversion.php
globals.php
htaccess.txt
index.php
index2.php
INSTALL.php
LICENSE.php
mainbody.php
offline.php
offlinebar.php
pathway.php
robots.txt[/code]

Setelah Anda menghapus file dan folder tersebut, langkah selanjutnya adalah menghapus isi dari file installed_in_root.php yang berada folder .fantasticodata/. Folder ini sejajar dengan folder public_html, Selanjutnya adalah tinggal menghapus database joomla. Panduan untuk menghapus database bisa di temukan di Membuat dan Menghapus Database.

Proses uninstal Joomla sudah selesai.  Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam uninstal Joomla, Anda bisa menghubungi bagian teknis kami. Demikian panduan dari kami tentang cara uninstall Joomla di Fantastico.

Tinggalkan Komentar

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog Competition