Tips dan Trick Installasi Extension Joomla 1.5

Ekstensi joomla dirancang untuk diintegrasikan dalam joomla yang memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan atau dalam memperluas fungsionalitas situs Web. Extension Joomla 1.5 meliputi komponen, modul dan plugin, serta paket bahasa dan template.
Di sini kami akan memberikan penjelasan singkat Tips sekaligus cara installasi extension joomla atau sebaliknya melakukan uninstall extension joomla.

1.    Ketika anda menginstal ekstensi pastikan Anda men-download mereka dari sumber-sumber yang dikenal. Anda dapat menemukan pilihan extension joomla , sebagai contoh pada situs resmi http://joomla.org
2.    Selalu membuat backup dari situs joomla anda sebelum anda mulai menginstal ekstensi.

Masuk ke tahap bagaimana kita melakukan installasi joomla. Untuk keperluan tutorial ini, sebagai contoh kita akan menginstal komponen VirtueMart untuk Joomla 1.5. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan instalasi:

Langkah 1. Download component VirtueMart dari situs resmi. Pastikan Anda mendownload paket lengkap untuk Joomla 1.5.

Langkah2. Login ke halaman administrator  Joomla >> masuk ke Menu Extensions >> Pilih Install / Uninstall.


Langkah 3. Pada bagian Package File klik Browse dan cari file extensi yang akan dilakukan installasi. Dalam hal ini menggunakan component virtuemart sebagai panduan installasi.


Langkah 4. Klik Upload File & Install untuk meng-upload file dan menyelesaikan instalasi.

Langkah 5. Beberapa komponen, termasuk VirtueMart, memerlukan langkah tambahan untuk menyelesaikan instalasi. Dalam kasus dengan VirtueMart Anda harus memilih apakah akan menginstal data sampel atau tidak. Sebagai contoh mari kita menginstalnya dengan mengklik Install SAMPLE DATA.


Ini akan menyelesaikan VirtueMart instalasi dan Anda akan dapat mengelola dari menu Components > VirtueMart melalui back end administrator joomla.

Anda dapat juga  menginstal komponen lain / modul / plugin / template untuk Joomla 1.5 berikut langkah-langkah yang sama sesuai panduan diatas.

Bagaimana cara menghapus extensi joomla sudah terinstall / Uninstall extension ?

Anda dapat menghapus ekstensi Joomla 1.5 dari halaman administrator > Masuk menu ‘Extensions’ >> pilih ‘Install / Uninstall’
Tergantung pada jenis ekstensi yang akan dihapus, Anda harus klik pada salah satu dari berikut – Components, Modules, Plugins, Bahasa, Template.
Kemudian dari ekstensi yang tersedia pilih salah satu yang ingin dihapus dan klik tombol Uninstall. Ini akan menghapus ekstensi dari instalasi Joomla Anda.

Note: Harap dicatat bahwa komponen yang dibangun untuk Joomla 1.0.x tidak dapat diinstal pada Joomla 1.5 kecuali Legacy mode  diaktifkan.

Be Sociable, Share!