Setting Private Nameserver di VPS Plesk

Setting private name server dilakukan tidak hanya pada domainnya, tetapi juga harus dilakukan pada sisi VPS atau server yang Anda gunakan. Kali ini, Rumahweb akan berbagi tips untuk mensetting private nameserver pada VPS dengan Plesk.

Berikut panduan untuk setting nameserver dari sisi plesk panelnya :

1.  Jika pada halaman plesk panel belum muncul menu DNS settings, aktifkan modul BIND untuk mengaktifkan service dns di vpsnya, dari halaman plesk masuk ke menu Tools & Settings > Updates and Upgrades > Add / Remove Component.

2. Klik pada BIND DNS Server dan pilih Install.

Kemudian klik continue di bagian bawahnya untuk melanjutkan proses instalasi BIND DNS servernya.

3. Jika sudah selesai, kembali ke halaman utama plesk panel hostingnya, dibawah account hosting domain akan ada menu DNS settings. Silahkan masuk ke menu tersebut untuk memulai menambahkan nameservernya.

4. Pastikan sudah terdapat record seperti screenshot dibawah ini yang ditandai warna kuning.

terdapat 2 A record dari private nameserver yang diarahkan ke IP server dan ada dua record type in NS yang mengarah ke privatenameserver yang sudah ada. Jika belum ada lakukan pembuatan record DNS nya melalui tombol Add Record, seperti berikut :

a. Untuk membuat A Record dari private nameservernya

buatkan sesuai private nameserver yang akan digunakan.

b. Untuk membuat Record IN NS

Setelah tahapan diatas sudah selesai dilakukan seluruhnya, lakukan perubahan nameserver domain menggunakan private nameserver (child ns) yang sudah dibuat dan tunggu propagasi DNS antara 1-3 jam maksimal 24 jam.

Jika Anda alami kendala, hubungi kami melalui livechat pada https://www.rumahweb.com. Semoga hari Anda tercerahkan. 🙂

Be Sociable, Share!