Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Setting POP di Gmail

Setting POP di Gmail

Pernahkah email Anda dianggap sebagai email spam di Gmail karena setting forwarding mail ke Gmail yang Anda lakukan? Atau ip server Anda terkena rate pengiriman email sehingga menjadi gagal dikirim? Berawal dari masalah inilah Rumahweb menulis artikel tentang pentingnya melakukan setting POP ke Gmail sebagai solusi pengiriman email Anda.

Banyaknya pelanggan yang melakukan setting forwarding mail ke Gmail membuat pengiriman email sering terkendala. Hal ini dikarenakan email yang diforwardkan ke Gmail akan dianggap Gmail sebagai email Spam. Untuk itu solusi yang bisa Anda gunakan adalah melakukan setting POP Gmail sebagai alternatifnya.

Dengan melakukan setting ini, email Anda akan bisa diterima dengan baik di Gmail atau mail server lainnya. Selain itu Anda bisa juga mengelola emailnya dengan tampilan  Gmail yang menarik.

Dengan mengikuti artikel ini bisa juga sebagai solusi ketika akun email Anda sering terkendala overquota. Selain  alternatifnya melakukan upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi supaya mendapatkan space yang lebih besar,  Anda bisa juga melakukan setting emailnya ke Mail Client seperti Outlook.  Untuk Anda yang memilih melakukan setting POP ke Gmail, Anda bisa langsung mengikuti panduan Rumahweb tentang cara setting POP3 Gmail.

1. Login ke akun Gmail Anda.

2 Klik Menu “Settings”.

setting pop gmail

3. Klik tab Menu “Accounts” > klik Link “Add a POP3 mail account you own”.

 

setting pop gmail

4. Masukan alamat email yang ingin di setting di bagian “Add a mail account you own”, kemudian klik tombol “Next Step”.

setting pop gmail

5. Masukan setting POP sesuai gambar berikut ini.

setting pop gmail

 

  • Username : di isi alamat email lengkap, contoh : info@namadomain.com
  • Password : di isi password dari email tersebut
  • POP Server : di isi server POP, jika menggunakan hosting Rumahweb silahkan di isi dengan nama domain. Contoh : namadomain.com
  • Port : 110
  • Checklist di bagian “Leave a copy of retrieved message on the server.” Jika email di mail server utama tidak ingin terhapus setelah email terdownload
  • Unchek pada bagian “Always use a secure connection (SSL) when retrieving mail.”

Kemudian klik tombol “Add Account”.

6. Setting POP di Gmail sudah selesai, tetapi Anda masih bisa melanjutkan setting SMTP (pengiriman email) langsung dari Gmail. Pilih Yes dan klik tombol “Next Step”.

setting smtp gmail

7. Isi nama Email, dan klik tombol “Next Step”.

setting smtp gmail

8. Selanjutnya mengisi setting smtp, silahkan isi sesuai contoh berikut ini.

setting smtp gmail

9. Klik “Add Account” dan selanjutnya Anda diminta Code Verify yang terkirim ke alamat email yang sedang Anda setting.

setting smtp gmail

Masukan code verify dan klik tombol “Verify”.

Demikian artikel Rumahweb tentang cara setting POP3 Gmail. Apabila Anda ada kendala atau pertanyaan dalam settingnya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu pengecekannya.

Tinggalkan Komentar

Triyadi

Blog Competition