Setting Plugins SMTP Menggunakan Email Gmail Pada WordPress

Pada server Rumahweb, function mail() di disable dikarenakan alasan keamanan. Namun, pengiriman email tetap bisa berjalan dengan menggantikan function mail() menggunakan SMTP. Apabila Anda penggunaan WordPress maka bisa menggunakan hal ini bisa dengan mudah di setting menggunakan plugins WP Mail SMTP.

Apabila email pengiriman Anda menggunakan email gmail / layanan Google Suite maka setting bisa dilakukan dengan 2 cara , yakni menggunakan Gmail API dan juga menggunakan SMTP Gmail biasa . Berikut kami berikan dua referensi panduan yang bisa digunakan :

SETTING DENGAN GMAIL API

1. Install plugins WP SMTP > Kemudian Aktifkan
2. Masuk ke setting plugins WP SMTP
3. Pada langkah pertama, silakan pastikan untuk melakukan setting seperti ini :

4. Kemudian, untuk mengisikan Client Secret and Client ID maka perlu dilakukan setting di sisi gmailnya dengan klik link berikut : https://console.developers.google.com/flows/enableapi?apiid=gmail&pli=1 . Setelah klik link tersebut, Anda akan redirect ke form registrasi dengan nama  “Register your application for Gmail API in Google API Console”. Isikan seperti ini :

5. Klik go to credentials

6. Kemudian, akan muncul beberapa pertanyaan. Pada pertanyaan tersebut bisa diisikan seperti screenshot gambar berikut ini lalu klik “What credentials do I need?”

7. Selanjutnya Anda akan mendapai pop up untuk setting consent screen. Silakan dilanjutkan dengan klik “Set Up Consent Screen Option”.

Saat Anda klik “Set Up Consent Screen Option”, maka Anda akan otomatis diredirect ke tab baru. Pastikan Tab Awal / sebelumnya tidak tertutup karena nanti ada beberapa setting yang harus dilakukan dari tab awal tersebut.

8. Apabila email gmail yang digunakan bukan email layanan google suite, maka akan muncul notif seperti ini silakan bisa di pilih opsi “external”. Jika layanan google suite bisa pilih “internal”.

9. Kemudian akan muncul form untuk setting Oauth Consent Screen. Silakan bisa setting seperti gambar yang kami infokan dibawah ini :

10. Setelah Anda klik save, silakan bisa abaikan halamannya. Lalu kembalilah ke tab awal yakni tab “Add credentials to your project”. Pada tab itu silakan isikan name, Authorized JavaScript origins dan Authorized redirect URIs.

Keterangan :
Name silakan diisikan sesuai yang Anda inginkan.
Authorized JavaScript origins silakan disikan dengan URL website yang didaftarkan (tanpa tanda “/” pada akhir URL
Authorized redirect URIs silakan bisa diisikan dengan link copy yang didapatkan dari plugins WP SMTP seperti screenshot berikut :

Berikut kami berikan contoh isian yang harus diisikan pada form tersebut :

11. Setelah selesai mengisikan formnya, Anda bisa klik tombol refresh. Jika berhasil maka tombol refresh akan berubah menjadi tombol berwarna biru dengan tulisan “create OAuth client ID”

12. Klik tombol “create OAuth client ID” yang mana selanjutnya akan muncul halaman seperti ini :

Silakan pilih “i’ll do this later”.

13. Kemudian , untuk melihat Client ID and Client Secret maka silakan klik pencil icon.

14. Anda akan mendapatkan client ID dan client secret seperti screenshot berikut. Client ID dan client secret tersebut silakan dicopykan ke kolom yang tersedia di plugins WP Mail SMTP lalu klik save.

15. Setelah diklik save, maka akan otomatis muncul tombol “Allow plugin to send emails using your Google account.” pada Authorization. Silakan bisa diklik.

16. Saat Anda klik maka google akan redirect ke akun Anda untuk meminta izin akses. Silakan bisa diklik “Allow”

17. Tahap selanjutnya yakni melakukan testing email SMTP. Anda bisa klik Email Test. Saat SMTP berjalan dengan baik maka akan muncul pesan sukses.

2. Setting Manual SMTP

Selain setting dengan gmail API. Anda juga bisa lakukan setting dengan SMTP gmail biasa seperti screenshot berikut :

Keterangan :
Penggunaan setting ini hanya bisa berjalan jika Anda sudah memastikan beberapa setting berikut ini :
– Menonaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun gmail Anda
– Unlock Captcha harus dalam keadaan aktif : https://accounts.google.com/DisplayUnlockCaptcha
– Less Secure Apps Access dalam keadaan aktif : https://myaccount.google.com/lesssecureapps

Saat sudah sesuai semua, maka bisa dilakukan testing SMTP kembali.

Sebagai tambahan informasi, kami lebih menyarankan menggunakan gmail API dikarenakan Anda tidak perlu menonaktifkan verifikasi 2 langkah serta tidak perlu mengaktifkan Less secure Apps Access yang mana bisa membahayakan akun gmail Anda.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba. Seperti biasa, jika ada kesulitan silakan menghubungi support kami melalui live chat maupun email ke email teknis@rumahweb.com agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar