Seting Email Client Outlook dan Thunderbird Agar Email Dapat Diunduh Lebih dari Satu Email Client

Apabila Anda terbiasa mengakses email baik dari ponsel menggunakan pushmail dan juga dari Outlook atau Thunderbird pada saat yang bersamaan, seringkali mendapati bahwa ponsel gagal mengunduh email. Hal ini disebabkan email yang ada telah diunduh dan kemudian langsung dihapus oleh Outlook atau Thunderbird.

Untuk mengatasi ini, dapat mengaktifkan opsi “Leave Message on Server” baik di Outlook atau di Thunderbird. Berikut adalah panduan setting untuk di Outlook:

  1. Ke menu Tools > Account Settings.
  2. Klik ganda pada email yang akan diseting.
  3. Klik “More Settings“.
  4. Pada tab “Advanced“, centang “Leave a copy of messages on the server“.
  5. Seting tambahan:
  • Remove from server after x days. E-mail akan diunduh namun tetap akan tersimpan di server sesuai dengan jumlah hari yang terseting. Ini adalah seting paling umum apabila email diunduh dalam beberapa email client, seperti dengan Outlook dan ponsel. Kami merekomendasikan untuk menseting dengan hari sesingkat mungkin. Misalkan antara 3-5 hari. Semakin lama hari yang diseting, maka akan membutuhkan ukuran kuota email yang semakin besar.

Untuk setting di Thunderbird, berikut panduannya:

  1. Ke menu Tools > Account Settings.
  2. Klik menu “Server Settings” di bawah alamat email yang akan di setting.
  3. Kemudian centang “Leave a copy of messages on the server“.
  4. Seting tambahan:
  • For at most x days. E-mail akan diunduh namun tetap akan tersimpan di server sesuai dengan jumlah hari yang terseting. Ini adalah seting paling umum apabila email diunduh dalam beberapa email client, seperti dengan Thunderbird dan ponsel. Kami merekomendasikan untuk mensetting dengan hari sesingkat mungkin. Misalkan antara 3-5 hari. Semakin lama hari yang diseting, maka akan membutuhkan ukuran kuota email yang semakin besar.

Sekian tips dari kami. Semoga membantu.

Be Sociable, Share!