Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

SEO I di WordPress

Bagi siapapun tentu saja menginginkan webnya supaya cepat dikenali oleh search engine. Ada banyak cara supaya situs kita masuk ke searching engine dan memiliki popularitas atau peringkat yang baik di search engine. Salah satunya adalah dengan mengatur pada tag area head. Pada head ini ada beberapa tag meta yang biasa di index oleh search engine. Misalnya tittle, description, dan keyword.

Parameter-parameter tersebut akan lebih efektif jika sesuai dengan content situs kita. Bagi Anda yang menggunakan blog misalnya wordpress tentu akan mengalami kesulitan dalam mengubah meta description dan meta keyword supaya sesuai dengan content situs anda. Anda harus mencari dan merubah sendiri script pada file header template yang di gunakan.

Sebelum kita mengubah tag meta, lebih simple kita mengubah search engine friendly pada wordpress. Secara default, ketika klik posting di wordpress link yang ditampilkan adalah seperti http://namadomain.com/?p=123. Nah sekarang kita akan mengubahnya menjadi http://namadomain.com/posting-pertama.htm. Silahkan masuk ke admin wordpress Pilih tab Options >> Permalink . Pada pilihan checkbox yang ada silahkan centang >> Custom, specify below dan pada kotak Custom structure isikan teks berikut /%postname%.html. Lalu edit file .htaccess, dan tambahkan baris berikut :
[CODE]

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

[/CODE]

Refresh website Anda, dan coba klik salah satu postingan anda.

Para pencinta wordpress telah memberikan kemudahan kepada anda dalam mengatasi hal tersebut. Mereka membuat plugin wordpress yang bisa memudahkan anda mengedit tag meta tanpa harus mengutak-atik script yang bisa membuat anda pusing. Plugin tersebut adalah All in One SEO Pack anda bisa mendownloadnya di SINI. Untuk tutorial atau panduan upload/install plugin wordpress bisa diakses di url http://www.rumahweb.com/journal/menginstall-plugin-wordpress.htm.

Kemudian silahkan masuk ke menu Plugin dan aktifkan plugin “all in one seo pack”.

Setelah mengaktifkan plugin, akan muncul halaman bahwa harus terlebih dahulu melakukan konfigurasi. klik link “the admin page” .

Silahkan pilih “Enabled” untuk “Plugin Status”. Untuk kolom “Home Title”, “Home Descripton”, “Home Keyword”, isikan sesuai dengan content homepage anda.


Apabila sudah memiliki Google Anlytic untuk wordpress anda, masukkan ID Google Analytic dalam kolom “Google Analytics ID”. Klik tombol “Update Options” untuk menyimpan perubahan.

Sebagai tambahan, untuk menambah efektif indexing search engine usahakan artikel atau posting di bubuhi teks yang unik. misalnya dengan kata kunci search engine, usahakan dalam artikel anda terdapat banyak kata yang mengandung teks search engine dengan accesoris tambahan seperti Cetak Tebal, atau garis miring, ataupun teks bergaris. Selamat mencoba! 🙂

Tinggalkan Komentar

2 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog Competition