Pengaruh HTTPS Terhadap Hasil Pencarian Google Search Engine

Bagi Google, keamanan sebuah website merupakan top priority. Google menjamin bahwa website yang muncul pada halaman pertama pencarian, merupakan website yang tingkat keamanannya terbaik. Anda tidak akan menemukan website dengan signal ranking http akan muncul pada halaman pertama di Google.

Nah, bagi developer atau praktisi SEO tentu hal ini menjadi concern pertama yang harus Anda lakukan. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar website lebih aman adalah menggunakan HTTPS pada website. Lalu apa itu HTTPS dan bagaimana cara implementasinya ?

Apa itu HTTPS ?

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Dengan menggunakan HTTPS, informasi pada website Anda akan di encrypt dan hanya bisa diakses oleh client dan server tujuan. Dengan menggunakan https membuat pengiriman data menjadi jauh lebih aman.

Sebagai contoh, ketika Anda mengakses halaman website yang menggunakan https, halaman yang dikirimkan kepada Anda telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protokol https, sehingga informasi seperti nama, alamat, ataupun pin, akan dienkripsi sehingga tidak ada yang dapat mencuri data ketika proses transaksi sedang berlangsung. Dengan adanya https, transaksi yang Anda lakukan menjadi lebih aman.

Tips Google untuk menggunakan tipe SSL

Tentang penggunaan HTTPS, Google memberikan beberapa saran yang bisa Anda gunakan. Berikut diantaranya :

  • Gunakan 2048-bit key certificates.
  • Tentukan jenis sertifikat SSL yang Anda gunakan. Apakah itu single, multiple subdomain atau multiple domain.
  • Lebih disarankan menggunakan SANs (Subject Alternative Names) yang sama untuk tiap domain.
  • Pastikan seluruh website Anda menggunakan link HTTPS.
  • Jangan block link HTTPS pada situs Anda melalui robots.txt.
  • Izinkan pengindeksan halaman website oleh mesin pencari jika memungkinkan. Hindari noindex robots meta tag .

Cara mengaktifkan HTTPS

Seluruh hosting Rumahweb (kecuali personal) telah mendukung SSL Gratis dari Let’s Encrypt. Sehingga Anda bisa menggunakan HTTPS tanpa membayar biaya tambahan. Untuk aktivasinya, Anda bisa klik link berikut sesuai paket yang digunakan :

Setelah SSL pada website Anda telah aktif, pastikan seluruh link telah mengarah ke HTTPS . Untuk test kualitas SSL, Anda bisa menggunakan Qualys Lab tool.

Demikian artikel tentang pengaruh https terhadap hasil pencarian Google, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar